Perbaikan Kualitas Cacat Dimensi Coran Produk Gamelan Bali Menggunakan Metode Six Sigma

  • Mauli Silmi
  • I Ketut Gede Sugita
  • IGN. Priambadi

Abstrak

Abstrakk


 


 


Hal yanggharus diperhatikan dalam pembuatan gamelan Bali adalah kualitas coran dari suatu produk tersebut. Upaya untuk memperbaiki kualitas coran gamelan Bali dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakannmetodeeSix Sigma. Six Sigma adalahhsuatuumetodeeperbaikannkualitas. Pengujian ini dilakukan pada bilah gamelan Bali jenis gangsa pemade dengan berat masing-masing 1,25 kg. Dapat diketahui dalam penggunaan metodeeSix Sigmaabahwaakualitassbilahhyanggdihasilkannolehhperusahaanncukuppbaikkyaituu1,5922sigma.Dapattdisimpulkannbahwaaadaadua penyebab produk cacattyaituumiringnya posisi koi dan pada proses peleburan.


 


Kata Kunci : Kualitas, Metode Six Sigma, Cacat coran


 


Abstract


 


It must be considered in making Balinese gamelan are the quality of castings of these products. Efforts to repair the quality of Balinese gamelan castings do in various ways, one of them is by uses Six Sigma method. Six Sigma is a quality improvement method. Testing issdone on gangsa pemade slats of Balinese gamelan to the weight of each 1,25 kg. Ittcannbeeseenninntheeusee of a methoddoffSix Sigma thattthe qualityofftheeslats issgood, thattiss1,592 sigma. Ittcannbeeconcludeddthattthereeareetwo causessoffa defective producttis related to sideway position and in the process of melting.


 


Keyword : Quality, Six Sigma method, Detective of castings


 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-07-01
##submission.howToCite##
SILMI, Mauli; SUGITA, I Ketut Gede; PRIAMBADI, IGN.. Perbaikan Kualitas Cacat Dimensi Coran Produk Gamelan Bali Menggunakan Metode Six Sigma. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 7, n. 3, july 2018. ISSN 2302-5182. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/44030>. Tanggal Akses: 25 nov. 2024

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3