PENGARUH VARIASI RASIO TRANSMISI TERHADAP KONSUMSI ENERGI SEPEDA MOTOR LISTRIK KONVERSI PADA KONDISI JALAN MENDATAR
Abstract
Abstrak
Pada saat ini, banyak masyarakat menggunakan kendaraan bermotor untuk aktivitas sehari-hari. Ini meningkatkan penggunaan
bahan bakar dan mengurangi cadangan minyak bumi, serta menyebabkan polusi yang mempengaruhi kualitas udara dan
lingkungan. Motor listrik konversi adalah alternatif terbaik untuk menggantikan motor bensin dari aspek ekonomi, lingkungan,
dan sosial. Dalam penelitian ini, sepeda motor Mio Sporty tahun 2006 dikonversi menjadi sepeda motor listrik yang
menggunakan baterai sebagai sumber energi, menggantikan bensin. Konversi ini mengubah komponen-komponen motor,
dengan beberapa komponen dilepas dan komponen baru ditambahkan. Rasio transmisi divariasikan menjadi tiga: penambahan
12 ring, 2 ring, dan tanpa penambahan ring, dan diuji pada jalan sepanjang 5 km dengan dan tanpa beban penumpang pada
kontrol kecepatan I dan II. Hasil pengujian menunjukkan bahwa transmisi tanpa penambahan ring (rasio 0,81) mencapai
kecepatan tertinggi. Pengulangan pengujian tiga kali menunjukkan bahwa rasio transmisi 0,92 tanpa beban penumpang
mengonsumsi energi sebesar 0,029 kWh/km, dengan rata-rata waktu tempuh 13,02 menit untuk jarak 5 km.
Kata kunci: Rasio Transmisi, Uji Sepeda Motor Listrik Konversi, Konsumsi Energi