Analisis Stabilitas Pada Kendaraan Roda Tiga
Abstrak
Abstrak
Sebuah kendaraan dapat dikatakan nyaman apabila memiliki aspek stabilitas dalam pengoprasiannya, stabilitas dalam
berkendara banyak diterapkan untuk melintasi berbagai macam situasi dan kondisi jalan. Saat melintasi jalan berbelok
suatu kendaraan diharapkan dapat tetap dalam posisi tegak sehingga meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat
perilaku skid dan guling. Tujuan penelitian ini adalah mencari gaya normal pada roda depan dan roda belakang kendaraan
dengan cara menimbang berat kosong kendaraan pada bagian depan dan belakang dengan menggunakan alat jembatan
timbang pada kendaraan VIAR karya 200 cc . Selanjutnya data yang telah terkumpul dilakukan analisa untuk mengetahui
besarnya gaya normal yang dimiliki oleh masing masing roda untuk menahan perilaku skid dan guling pada kondisi jalan
berbelok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku skid dan guling pada sudut steer 5, 6, dan 7 derajat pada kecepatan
10 sampai 30 km/jam pada jalan berbelok kendaraan tidak mengalami kondisi skid dan guling dalam keadaan tanpa muatan.
Selanjutnya setelah variasi kecepatan dan sudut steer ditambah, kendaraan mengalami kondisi skid pada kecepatan 40
km/jam pada sudut steer 7 derajat pada kondisi aspal basah dan mengalami kondisi terguling pada kecepatan 50 km/jam
pada sudut steer 60 derajat dan terguling total pada sudut steer 90 derajat pada kecepatan yang sama.
Kata kunci: Stabilitas, Perilaku Skid, Perilaku Guling.
Abstract
A vehicle becomes comfortable if it has aspects of stability in its operation. Driving stability is widely applied to the various
kinds of road conditions.When crossing a turning road, a vehicle is expected to remain in an upright position in order to
minimize traffic accidents due to skid and rolling behavior. The purpose of this study is to find the normal force on the front
wheel and rear wheel of the vehicle by weighing the empty weight of the vehicle on the front and rear by using a weighbridge
from VIAR karya 200 cc bikes. Furthermore, the data that has been collected to be find out the amount of normal force
possessed by each wheel to withstand skid and rolling behavior in turn conditions. The results showed that skid and rolling
behavior at steer angles 5, 6, and 7 degrees at speeds of 10 to 30 km / hours on turning roads in the empty weight vehicle did
not experience skid and rolling conditions. Furthermore, for the variations in speed and steer angle condition, the vehicle
underwent a skid condition at a speed of 40 km / hours at 7 degree steer angle in wet asphalt conditions and experienced a
rolling condition at a speed of 50 km / hours with a steer angle of 60 degrees and tumbled in total at a steer angle of 90
degree at the same speed.
Keywords: Stability, Skid Behavior, Rolling Behavior.