PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN

  • Komang Satya Devara Universitas Udayana
  • Eka Sulistyawati Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan inovasi produk berperan dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada UKM industri fashion di Kota Denpasar. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner UKM industri fashion di Kota Denpasar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis jalur dan uji sobel menunjukan bahwa variabel inovasi produk berperan dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UKM industri fashion di Kota Denpasar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semakin baik UKM industri fashion di Kota Denpasar melakukan inovasi produk maka pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran semakin besar.


Kata kunci: orientasi pasar, inovasi produk, kinerja pemasaran


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-03
How to Cite
DEVARA, Komang Satya; SULISTYAWATI, Eka. PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 10, p. 6367 - 6387, oct. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/47994>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i10.p25.
Section
Articles