RANCANG BANGUN APLIKASI PENDIDIKAN JARAK JAUH BERBASIS CSCL (COMPUTER-SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING)
Abstract
ika berbicara mengenai pendidikan, maka yang pastinya terbayang adalah duduk di suatu ruangan, dengan beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama untuk belajar, dengan dibimbing dan diajarkan oleh seorang guru di depan kelas. Jika dilihat perkembangan jaman seperti sekarang ini, tidaklah mengherankan apabila pendidikan telah dikembangkan sehingga dapat dilakukan menggunakan teknologi informasi yang telah tersedia. Dengan berdasarkan pada kemajuan teknologi dan berkembangnya internet, maka dibuatlah sebuah aplikasi pendidikan jarak jauh dengan menggunakan basis CSCL. Perangkat lunak yang dibuat adalah Aplikasi Pendidikan Jarak Jauh Berbasis CSCL (Computer- Supported Collaborative Learning) yang akan mengadaptasi kemampuan dari pendidikan konvensional yang mengandalkan pertemuan secara langsung untuk dibawa ke dalam pertemuan secara maya dalam bentuk sebuah kelas virtual. Pendekatan yang digunakan adalah pengembangan terstruktur untuk membangun sebuah sistem pendidikan berbasis CSCL yang mendukung pembelajaran secara synchronous ataupun asynchronous. Pengujian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa sistem yang dikembangkan telah mampu untuk mengakomodasi metode pendidikan jarak jauh dengan basis CSCL antara lain untuk fitur ruangan forum, ruangan chatting, dan proses manajemen perkuliahan.Downloads
Keywords
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Lontar Komputer as the publisher of the journal. Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, as well as translations. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with written permission from Jurnal Lontar Komputer. The Editorial Board of Jurnal Lontar Komputer makes every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.