Perancangan Network Monitoring Tools Menggunakan Autonomous Agent Java

  • Khurniawan Eko S Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Lalu Ahmad S. Irfan A Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • I B K Widiartha Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Abstract

Tugas pengelolaan jaringan yang dilakukan administrator jaringan diantaranya yaitu pengumpulan informasi resource jaringan yang tersedia. Teknologi SNMP (Simple Network Management Protocol) memberikan fleksibilitas bagi administrator jaringan dalam mengatur network secara keseluruhan dari satu lokasi. Aplikasi Network Monitoring Tools berbasis Agent JAVA terdiri dari Master agent yang bertugas untuk melakukan management Request agent serta akses database. Request agent yang bertugas untuk melakukan pemantauan server yang mengimplementasi library SNMP4j dengan sistem multi-agent. Disisi interface, aplikasi Network Monitoring Tools menggunakan media web sebagai interface administrator sehingga dapat digunakan darimana saja  dan kapan saja.  Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa aplikasi yang dibuat bekerja sebagai Network Monitoring Tools mampu bekerja dengan persen error pada kisaran 0-18%. Selain itu Aplikasi ini menghasilkan tren pembacaan data server lebih stabil dan cepat dibandingkan dengan aplikasi Cacti. Hal ini didukung oleh kemampuan Request Agent yang mampu merespon tingkat beban kerja server yang di pantau.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Khurniawan Eko S, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

References

[1] H. Sajati, “Memonitor Server Dengan Cacti,” Academia.edu.
[2] “Pengawasan Jaringan Berbasis Web.” 2007. [Online]. Available: ftp://ftp.gunadarma.ac.id/linux/magazine/infolinux/2007/InfoLINUX_07-2007/38-41_Alternatif_07.pdf. [Accessed: 03-May-2016].
[3] A. M. Shiddiqi and A. P. Nugraha, “Sistem Monitoring Jaringan Dengan Protokol Snmp.” 2011.
[4] Cisco, “Simple Network Management Protocol.” pp. 1–8, 2013.
[5] D. B. Lange and M. Oshima, “Programming and deploying Java mobile agents with Aglets,” in IBM Japan, 1998, p. 225.
[6] F. Bellifemine, G. Caire, and D. Greenwood, Developing multi agent systems with jade. London: John Wiley & Sons. Ltd, 2004.
Published
2016-08-01
How to Cite
S, Khurniawan Eko; A, Lalu Ahmad S. Irfan; WIDIARTHA, I B K. Perancangan Network Monitoring Tools Menggunakan Autonomous Agent Java. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, [S.l.], p. 115-121, aug. 2016. ISSN 2541-5832. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/lontar/article/view/23072>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/LKJITI.2016.v07.i02.p05.
Section
Articles

Keywords

Agent; JAVA; SNMP; Cacti; Network monitoring.