INTEGRASI MIKROTIK DAN WIRELESS RADIO SEBAGAI MEDIA EFISIENSI INTERNET DI PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT. BITS MILIARTHA SURABAYA)

Main Article Content

Andy Rachman M Mukminin Munirul Huda Safynatun N Fani Cendra S

Abstract

Teknologi informasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam kegiatan perusahaan saat ini.Setiap perusahaan yang ada di Indonesia saat ini telah terhubung dengan Internet.Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, harga berlangganan bandwidthInternetpun semakin murah dari tahun ke tahun. Harga sewa Internet di warung Internet tahun 2013 turun 75% dari tahun 2000 dan harga berlangganan Internet pribadi tahun 2013 turun 86% dari tahun 2000. Penggunaan Internet pada suatu perusahaan yang memiliki gedung terpisah dengan gedung lainnya akan membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk pengoperasiannya. Oleh karena itu, digunakanlah wireless radio sebagai media koneksi antar satu gedung dengan gedung lainnya dengan jarak antar gedung, sedangkan untuk pengaturan hak dan kegiatan berInternet digunakanlah mikrotik.Mikrotik merupakan salah satu jenis router yang handal dan banyak digunakan oleh perusahaan berukuran kecil sampai dengan berukuran menengah. Dengan menggunakan mikrotik yang mempunyai kemampuan sama dengan router-router lainnya dan dengan harga yang sangat murah, maka pengeluaran perusahaan untuk pengadaan router berkurang menjadi 97% serta dengan menggunakan wireless radio, perusahaan dapat mengefisiensi pembangunan Internet sampai dengan 50% dan kemudahan manajemen Internet perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
RACHMAN, Andy et al. INTEGRASI MIKROTIK DAN WIRELESS RADIO SEBAGAI MEDIA EFISIENSI INTERNET DI PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT. BITS MILIARTHA SURABAYA). Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, [S.l.], nov. 2015. ISSN 2541-5832. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/lontar/article/view/16691>. Date accessed: 27 jan. 2020.
Keywords
wireless radio, mikrotik, Internet, jaringan komputer, router.
Section
Articles