MENUJU PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR PADA LULUSAN SMA ( SEBUAH ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN KATA BAKU DALAM KARYA ESAI SISWA SMAN 8 DENPASAR)

  • I Gusti Ketut Tribana SMAN 8 Denpasar

Abstract

Kata baku menjadi salah satu materi esensial dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk menuju penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu wujud penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah penerapan kata baku pada ragam bahasa resmi. Kenyatannya, penerapan bentuk kata baku masih masih menjadi kesulitan para siswa. Untuk itulah perlu diadakan penelitian agar memeroleh data yang akurat.  Permasalahannya adalah: (1) Bagaimana gambaran kesalahan penerapan  kata baku dalam karya tulis esai para siswa pada ujian praktik tahun 2011 di SMAN 8 Denpasar? (2) Jenis kesalahan apa yang banyak dialami para siswa? (3) Faktor apa yang memangaruhi terjadinya kesalahan penerapan kata baku dalam karya tulis esai siswa? Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1) memeroleh data gambaran kesalahan penerapan kata baku; (2) mengetahui jenis kesalahan apa yang dialami para siswa; (3) mengetahui faktor apa yang memengaruhi terjadinya kesalahan penerapan kata baku pada karya tulis esai para siswa.

Untuk memeroleh data digunakan metode pendekatan kualitatif pencatatan dokumen dengan sampel sebanyak 25% (107) naskah karya tulis siswa dari populasi sebanyak 427. Untuk memeroleh data digunakan istrumen pedoman pencatatan teknik catat. Setelah data terkumpul data dianalisis dengan metode agih, yakni berdasarkan ciri-ciri kata baku dalam bahasa Indonesia. Hasil analisis disajikan dengan perumusan kata-kata biasa.

Dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Gambaran kesalahan yang dialami siswa meliputi kesalahan  ejaan (EYD) dalam penulisan kata dasar sebanyak 72 orang (67,29 %);  kesalahan dalam pilihan kata sebanyak 38 orang (35,51%); kesalahan dalam penulisan  imbuhan sebanyak 93 orang (86,91%); kesalahan dalam penulisan kata ulang sebanyak  32 orang siswa (29.91%); dan kesalahan penggunaan/penulisan kata majemuk sebanyak 11 orang siswa (10,24%). (2) Jenis kesalahan yang paling bayak terdapat pada penerapan kata berimbuhan. (3) Faktor-faktor yang memengaruhi kesalahan siswa adalah kebiasaan, ketidaktahuan, dan kurang aktivitas membaca dan menulis di kalangan siswa sebagai ajang penerapan kaidah kata buku.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-01
How to Cite
TRIBANA, I Gusti Ketut. MENUJU PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR PADA LULUSAN SMA ( SEBUAH ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN KATA BAKU DALAM KARYA ESAI SISWA SMAN 8 DENPASAR). Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, [S.l.], v. 19, sep. 2012. ISSN 2656-6419. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9698>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

analisis kesalahan, kata baku