PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA DWIBAHASAWAN MELALUI METODE BERCERITA

  • Gusti Ayu Ririn Arsani Pelangi School Ubud Bali

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan (1) mendeskripsikan proses penerapan metode bercerita untuk meningkatkan peran aktif berbicara siswa dwibahasawan, (2) menemukan peningkatan peran aktif berbicara siswa dwibahasawan di Pelangi School Ubud setelah metode bercerita diterapkan, dan (3) memaparkan lebih lanjut pengaruh metode bercerita terhadap motivasi belajar siswa dan peningkatan kemampuan berbicara siswa dwibahasawan Pelangi School Ubud.

Hasil analisis menunjukkan bahwa proses penerapan metode bercerita dalam penelitian ini merupakan suatu proses pembelajaran berbicara yang sangat efektif dan menyenangkan bagi siswa dwibahasawan. Siswa telah mampu mengutarakan ide-ide dan pertanyaan berkaitan dengan penerapan proses bercerita dan mampu secara aktif berbicara dalam bahasa Indonesia. Metode bercerita terbukti cukup mampu membantu peningkatan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa. Secara kualitatif, siswa terbukti dapat berbicara dengan pilihan kata dan ujaran yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-01
How to Cite
ARSANI, Gusti Ayu Ririn. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA DWIBAHASAWAN MELALUI METODE BERCERITA. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, [S.l.], v. 19, sep. 2012. ISSN 2656-6419. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9696>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

metode bercerita, berbicara, siswa dwibahasawan