Pelafalan Bunyi Konsonan Nasal Bahasa Inggris Siswa Kelas IX SLB-B Negeri Sidakarya Denpasar

  • Nissa Adni Linguistic Program in Translation Studies Post Graduate Program Udayana University

Abstract

Kemampuan berbahasa sangat penting tidak hanya sebagai sarana berkomunikasi dan bersosialisasi, tetapi juga dengan memiliki kemampuan berbahasa yang baik, segala informasi, wawasan, dan ilmu pengetahuan akan terakses dengan mudah. Kenyataan bahwa tidak semua individu terlahir normal, menjadi latar belakang perealisasian penelitian ini untuk melihat sejauh mana kemampuan wicara, khususnya kemampuan melafalkan bunyi konsonan nasal bahasa Inggris pada siswa tunarungu di kelas IX SLB-B Negeri Sidakarya, Denpasar. Penelitian ini menggunakan dasar analisis akustik dan fonologis untuk mendapatkan gambaran yang jelas bagaimanakah bunyi-bunyi tersebut terlafalkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelafalan kosakata bahasa Inggris pada anak tunarungu cenderung dilafalkan sama dengan pelafalan kosakata dalam bahasa Indonesia, khususnya pada pelafalan bunyi konsonan nasal, siswa cenderung lebih mampu melafalkan bunyi konsonan nasal [m] dan [n] daripada [?]. Lebih lanjut, secara akustik, pola bunyi nasal tergambarkan sebagai pola gelombang berkala. Di samping itu, ditemukan pula beberapa pola gelombang yang berbeda sesuai dengan variasi pelafalan yang terjadi yang disebabkan oleh pelemahan, pelesapan, penambahan bunyi vokal, dan perubahan ciri bunyi. Tentunya, penelitian ini diharapkan menjadi usaha awal bagi pengembangan kemampuan berbahasa anak tunarungu karena bagaimanapun juga anak-anak dengan keterbatasan ini perlu mendapat perhatian lebih untuk dapat ditangani secara lebih konkret pula.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-08
How to Cite
ADNI, Nissa. Pelafalan Bunyi Konsonan Nasal Bahasa Inggris Siswa Kelas IX SLB-B Negeri Sidakarya Denpasar. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 118-131, mar. 2018. ISSN 2656-6419. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/38171>. Date accessed: 16 may 2024.
Section
Articles