Legalitas Mata Uang Virtual Bitcoin Dalam Transaksi Online Di Indonesia

  • Kadek Gitari Pudjastuti Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Ketut Westra Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak mungkin bisa dipungkiri sebagai konsekuensi dari adanya globalisasi yang akan terus berkembang. Perkembangan globalisasi ini menghasilkan begitu banyak inovasi di bidang teknologi khususnya teknologi finansial, salah satunya adalah bitcoin yang belakangan ini marak diperbincangan di kalangan pengusaha. Bitcoin merupakan sebuah mata uang yang merupakan terbitan dari cryptocurrency dan memiliki suatu sistem algoritma yang kompleks. Bitcoin memiliki kekhususan sifat jika dibandingkan dengan mata uang lainnya yakni sistem desentralisasi, yang memiliki pengertian tidak satupun lembaga/perusahaan yang bisa menguasai maupun mengontrol produk dari cryptocurrency tersebut. Di Indonesia belum ada pengaturan mengenai bitcoin ini. Belum adanya hukum di Indonesia yang khusus mengatur mengenai bitcoin ini mengakibatkan tidak adanya kejelasan mengenai konsekuensi hukum yang diterima bila seseorang menggunakan bitcoin sebagai alat transaksi jual beli. Sedangkan cukup banyak masyarakat Indonesia yang bertransaksi khususnya transaksi online menggunakan bitcoin ini. Pertimbangan mengenai legalitas, ancaman juga dampak yang penting, pelaku perbuatan kejahatan, dan faktor-faktor keamanan nasional wajib dipertimbangkan dengan baik. Oleh karena itu penulisan jurnal ini akan menekankan mengenai keamanan dari sistem bitcoin ini dalam bertransaksi khususnya transaksi online. Tulisan ini menggunakan metode yuridis normative dengan menggunakan metode pendekatan perbandingan dan juga pendekatan perundang-undangan. Bahan yang dipakai dalam penulisan jurnal ini menggunakan bahan hukum sekunder, antara lain skripsi, tesis dan juga jurnal ilmiah. Kelegalitasan, persebaran serta pemasaran bitcoin di Indonesia sedang di tahap legal vacuum (kekosongan hukum), sehingga memunculkan tanda ataupun ciri negatif terhadap dampak yang bisa ditimbulkan jika disalahgunakannya teknologi bitcoin yang bisa menimbulkan dampak negative terhadap masyarakat maupun Negara.


 


Kata Kunci: Perlindungan Hukum, User Bitcoin, Transaksi Online


 


ABSTRACT


The rapid development of technology cannot be denied as a consequence of globalization which will continue to develop. The development of globalization has resulted in so many innovations in the field of technology, especially financial technology, one of which is bitcoin, which has recently been widely discussed among entrepreneurs. Bitcoin is a currency that is a publication of cryptocurrency and has a complex algorithmic system. Bitcoin has a specific nature when compared to other currencies, namely the decentralized system, which means that no institution / company can control or control the product of this cryptocurrency. In Indonesia there is no regulation regarding this bitcoin. The absence of a law in Indonesia that specifically regulates bitcoin results in the absence of clarity regarding the legal consequences that are received when someone uses bitcoin as a means of buying and selling transactions. Meanwhile, quite a lot of Indonesians make transactions, especially online transactions using bitcoin. Considerations regarding legality, threats as well as important impacts, perpetrators of crimes, and factors of national security must be carefully considered. Therefore this paper will discuss the security of this bitcoin system in transactions, especially online transactions. This paper uses a normative juridical method using a comparative approach method and also a statutory approach. The materials used in the writing of this journal use secondary legal materials, including theses, theses and scientific journals. The legality, distribution and marketing of bitcoin in Indonesia is currently in the legal vacuum stage, so that it raises negative signs or characteristics of the impact that can be caused if bitcoin technology is misused which can have a negative impact on society and the State.


 


Keywords: Legal Protection, Bitcoin User, Online Transactions

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-12
How to Cite
PUDJASTUTI, Kadek Gitari; WESTRA, I Ketut. Legalitas Mata Uang Virtual Bitcoin Dalam Transaksi Online Di Indonesia. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 11, p. 1-10, oct. 2020. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/64325>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>