PENATAAN PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO SWALAYAN YANG MELINDUNGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI PROVINSI BALI

  • Kadek Mirah Ananta Sukma Dewi Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Made Arya Utama Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Putu Gede Arya Sumerthayasa Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penataan pusat perbelanjaan dan toko swalayan yang melindungi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Provinsi Bali. Keberadaan pusat perbelanjaan dan toko swalayan yang semakin berkembang hingga ke perkampungan, menjadi permasalahan tersendiri bagi keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Untuk itu diperlukan penataan terhadap pusat perbelanjaan dan toko swalayan sehingga tidak mengancam keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa peraturan perundang-undangan serta peraturan teknis yang terkait dengan penataan pusat perbelanjaan dan toko swalayan. Dari penelitian yang dilakukan, penataan pusat perbelanjaan dan toko swalayan di Provinsi Bali dilakukan dengan penataan terhadap jarak dan jumlah pendirian pusat perbelanjaan dan toko swalayan.


This study aims to examine the arrangement of shopping centers and supermarkets that protect Micro, Small and Medium Enterprises in Bali Province. The existence of shopping centers and supermarkets that are increasingly expanding to the village, has become a problem in itself for the existence of Micro, Small and Medium Enterprises. Therefore, it is necessary to arrange shopping centers and supermarkets so that they do not threaten the existence of Micro, Small and Medium Enterprises. This research was conducted by analyzing statutory regulations and technical regulations related to the arrangement of shopping centers and supermarkets. From the research conducted, the arrangement of shopping centers and convenience stores in Bali Province is carried out by structuring the distance and number of shopping centers and convenience stores.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-20
How to Cite
SUKMA DEWI, Kadek Mirah Ananta; UTAMA, I Made Arya; SUMERTHAYASA, Putu Gede Arya. PENATAAN PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO SWALAYAN YANG MELINDUNGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI PROVINSI BALI. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 361-374, jan. 2021. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/69458>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2020.v09.i02.p15.
Section
Articles