PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK YANG TIDAK MENDAPATKAN KARTU JAMINAN ATAU GARANSI

  • Luh Gede` Wendy Wahyundari Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Gede Putra Ariana Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Jurnal ini berjudul Perlindungan Konsumen terhadap Pembelian Barang Elektronik yang Tidak Mendapatkan Kartu Jaminan atau Garansi. Tujuan jurnal ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum yang didapatkan konsumen terhadap pembelian barang elektronikyang tidak mendapatkan kartu jaminan atau garansi.  Metode yang digunakan dalam jurnal ini adalah metode penelitian normatif dengan bahan kepustakaan. Dengan menganalisa peraturan perundang-undangan maka dapat ditarik kesimpulan dari junal ini adalah pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah apabila konsumen tidak mendapatkan kartu jaminan atau garansi, maka pelaku usaha dapat dikenakan Pasal 22 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 19/M-DAG/PER/5/2009 tentang Pendaftaran Petunjuk Penggunaan Manual Dan Kartu Jaminan/Garansi Purna Jual Dalam Bahasa Indonesia Bagi Produk Telematika Dan Elektronika dan Pasal 25 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta dikenai sanksi Represif yang terdapat dalam Pasal 60 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-27
How to Cite
WENDY WAHYUNDARI, Luh Gede`; PUTRA ARIANA, I Gede. PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK YANG TIDAK MENDAPATKAN KARTU JAMINAN ATAU GARANSI. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-6, may 2016. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/64978>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles