SANKSI HUKUM TERHADAP PUBLIC FIGURE SEBAGAI PEGIAT JASA ENDORSEMENT KOSMETIK PALSU YANG MENYEBABKAN KERUGIAN BAGI KONSUMEN

  • Ni Komang Tri Evita Utami Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Ni Ketut Sri Utari Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Penulisan jurnal yang berjudul penerapan sanksi terhadap public figure sebagai pegiat jasa endorsement kosmetik palsu yang menyebabkan kerugian bagi konsume yang ertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggungjawab public figure sebagai pelaku endorsement kosmetik palsu terhadap konsumen dan upaya hukum yang dapat di tempuh bagi konsumen yang mengalami kerugian dari kosmetik palsu yang diendorse oleh public figure. Penulisan jurnal ini menggunakanetode penelitian hukum yang bersifat normative yaitu mencari sumber hukum melalui peraturan perundang-undangan dan literature. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil bahwa konsumen tidak dapat menjerat public figure melalui jalur hukum karena pihak yang bertanggungjawab atas produk palsu itu adalah produsen. Sedangkan upaya hukum yang dapat di tempuh bagi konsumen yang mengalami kerugian terhadap kosmetik palsu adalah dengan ketentuan dari Pasal 45 Undang-Undang Perlindungan Konsumen.


The writing of journal that entitled the sanctions implementation on public figures as activists of fake cosmetic endorsement services that cause harm to consumers which aims to discover how the responsibility of public figures as perpetrators of fake cosmetic endorsements to consumers and legal efforts that can be taken for consumers who experience losses from fake cosmetics endorsed by public figures. The journal writing uses a normative legal research method, which is looking for sources of law through legislation and literature. The results of this research show that consumers cannot ensnare public figures through legal channels because the party responsible for the counterfeit product is the producer. Meanwhile, the legal remedies that can be taken for consumers who suffer losses from fake cosmetics are the provisions of Article 45 of the Consumer Protection Act.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-11
How to Cite
UTAMI, Ni Komang Tri Evita; UTARI, Ni Ketut Sri. SANKSI HUKUM TERHADAP PUBLIC FIGURE SEBAGAI PEGIAT JASA ENDORSEMENT KOSMETIK PALSU YANG MENYEBABKAN KERUGIAN BAGI KONSUMEN. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 725-735, mar. 2021. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/64653>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2021.v09.i04.p14.
Section
Articles