TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI TERHADAP KERUSAKAN BARANG KIRIMAN MILIK KONSUMEN (STUDI PADA NINJA XPRESS)

  • Dewa Kadek Kevin Patria Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Gde Putra Ariana Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Jurnal ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban perusahaan jasa ekspedisi Ninja Xpress atas kerusakan pada barang kiriman milik konsumen. Jurnal ini ditulis menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan fakta dan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak Ninja Xpress memberikan ganti kerugian berupa pengembalian dana sebesar 10 kali biaya jasa dan tidak lebih dari Rp 1.000.000,00 untuk barang kiriman yang tidak diasuransikan. Apabila diasuransikan maka ganti rugi senilai harga barang sesuai nilai barang. Pengguna jasa dapat mengajukan klaim ganti rugi melalui e-mail ke support_id@ninjavan.co atau mendatangi kantor Ninja Xpress terdekat dengan membawa bukti berupa identitias pengirim, bukti tanda kiriman barang, polis asuransi yang selanjutnya akan dicocokan dengan arsip yang dimiliki oleh Ninja Xpress.


The purpose of writing this journal is to find out how the implementation of forms of responsibility for damaged goods belonging to consumers by the Ninja Xpress shipping company.. This journal is written using empirical legal research methods with a fact and legislation approach. The conclusion of this journal is that Ninja Xpress provides compensation in the form of a refund of 10 times the service fee and no more than Rp 1,000,000.00 for shipment that is not insured. If insured, the compensation is equal to the price of the goods according to the value of the goods. Service users can submit compensation claims by e-mail to support_id@ninjavan.co or go to the nearest Ninja Xpress office by bringing proof in the form of a sender's identity, proof of shipment, proof of insurance policies which will then be matched with archives owned by Ninja Xpress.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-29
How to Cite
KEVIN PATRIA, Dewa Kadek; PUTRA ARIANA, I Gde. TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI TERHADAP KERUSAKAN BARANG KIRIMAN MILIK KONSUMEN (STUDI PADA NINJA XPRESS). Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 8, n. 9, p. 1366-1374, aug. 2020. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/60877>. Date accessed: 27 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2020.v08.i09.p07.
Section
Articles