WAPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN WARALABA PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DI KOTA DENPASAR

  • Luh Suni Muci Paryani
  • Dewa Gde Rudy

Abstract

Waralaba muncul sebagai salah satu sistem bisnis yang diminati oleh masyarakat Kota Denpasar, dimana waralaba diartikan sebagai usaha yang memberikan laba lebih atau istimewa. Dalam bisnis waralaba diperlukan perjanjian untuk memulai bisnis tersebut, untuk mengatur hak dan kewajiban para pihak. Waralaba pada bimbingan belajar di Kota Denpasar menerapkan perjanjian waralaba dalam bisnis tersebut, namun dalam hal ini salah satu pihak tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana mestinya. Permasalahan yang diteliti yaitu faktor-faktor terjadinya wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian waralaba dalam bimbingan belajar di Kota Denpasar dan pola penyelesaian wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian waralaba bimbingan belajar di Kota Denpasar.


Dari permasalahan diatas diadakan suatu penelitian dengan metode penelitian hukum empiris yaitu penelitian ilmiah yang menjelaskan fenomena hukum tentang terjadinya kesenjangan antara norma hukum dengan perilaku masyarakat. Adapun sumber data primer diperoleh dari Bimbingan Waralaba di Kota Denpasar melalui teknik wawancara dengan pihak yang terkait. Data diperoleh diolah dan dianalisis lalu disajikan secara deskriptif.


Hasil dari penelitian ini adalah pihak pemberi waralaba dan penerima waralaba wajib memenuhi dan menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan perjanjian yang telah di sepakati. Wanprestasi yang dilakukan oleh pihak penerima waralaba yaitu tidak membayar royalti dan terlambat menyerahkan laporan bulanan. Pola penyelesaian masalah yang digunakan oleh pemberi waralaba yaitu dengan proses non litigasi.


Kata kunci: Waralaba, Wanprestasi, Bimbingan Belajar


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-08
How to Cite
PARYANI, Luh Suni Muci; RUDY, Dewa Gde. WAPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN WARALABA PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DI KOTA DENPASAR. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], p. 1-12, aug. 2018. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/41674>. Date accessed: 20 jan. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>