WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA PADA PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE GROUP (FIF GROUP) CABANG KUTA RAYA KABUPATEN BADUNG

  • Ni Made Ayako Dwiyani
  • I Wayan Wiryawan
  • A.A. Sri Indrawati

Abstract

Latar belakang dari penulisan ini adalah PT. Federal International Finance Group (FIF GROUP)  semakin berkembangnya sebagai pembiayaan kredit dengan jaminan fidusia di, namun memiliki beberapa kejaidan wanprestasi yang terjadi terhadap perjanjian tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan adalah mengangkat permasalahan untuk tahu (1) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi di dalam pelaksanaan pembayaran angsuran dan (2) upaya hukum yang dilakukan untuk penyelesaian jika terjadi wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian pembiayaan di PT. Federal International Finance Group Kuta Raya di Kabupaten Badung. Penulisan ini pakai metode yuridis empiris. Penelitian ini memiliki metode analisis data dari deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini merupakan faktor internal yang terjadi yaitu para tim credit sales yang sedang dikejar target kuota dana pinjaman, kekerabatan antara debitur terhadap staff bagian audit kredit, koordinasi yang kurang sinergis, kurangnya kehati-hatian terhadap analisa kredit dan lemahnya analisa kredibilitas calon debitur. Faktor eksternal yaitu pemalsuan data yang oleh debitur, masalah sumber keuangan debitur, niat buruk dari debitur, bencana alam yang terjadi dalam area tertentu dan kesulitan dalam pencarian dana yang dialami oleh debitur. Upaya hukum yang dilakukan untuk penyelesaian jika terjadi wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian pembiayaan di PT. Federal International Finance Group Cabang Kuta Raya adalah terhadap debitur yang melakukan wanprestasi berdasarkan dengan dua solusi utama, yaitu penyelamatan kredit dan penyelesain kredit. Penyelamatan kredit adalah cara dimana PT. Federal International Finance Group Cabang Kuta tetap mempertahankan perjanjian kredit, namun terdapat beberapa penyesuaian terkait dengan wanprestasi yang telah dilakukan oleh pihak debitur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-09
How to Cite
AYAKO DWIYANI, Ni Made; WIRYAWAN, I Wayan; SRI INDRAWATI, A.A.. WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA PADA PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE GROUP (FIF GROUP) CABANG KUTA RAYA KABUPATEN BADUNG. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 4, n. 3, aug. 2016. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/30124>. Date accessed: 23 june 2021.
Section
Articles

Keywords

Perjanjian, kredit, fidusia, wanprestasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>