ANALISIS PERJANJIAN KREDIT DENGAN OBJEK JAMINAN BERUPA SURAT KEPUTUSAN PENSIUN JANDA/DUDA PADA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL DENPASAR

  • I Ketut Adi Jaya Birawan
  • I Ketut Sudiarta

Abstract

Bank dalam menjalankan usahanya menganut prinsip kehati-hatian, termasuk dalam hal pemberian kredit, sesuai dengan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan. Dalam perjanjian kredit bank membutuhkan suatu jaminan untuk meyakinkan atas kesanggupan debitur untuk melunasi kredit sesuai yang diperjanjikan. Bank pada dasarnya menerima jaminan yang mempunyai kriteria yaitu dapat dengan mudah dieksekusi dan dapat diikat yuridis formal. Saat ini Bank Tabungan Pensiunan Nasional menerima objek jaminan perjanjian kredit berupa Surat Keputusan Pensiun Janda/Duda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pihak bank menerima Surat Keputusan Pensiun Janda/Duda sebagai objek jaminan kredit serta upaya pihak bank dalam menyelesaikan kredit bermasalah yang menggunakan Surat Keputusan Pensiun Janda/Duda sebagai jaminannya. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yang dilakukan dengan penelitian lapangan yaitu pada Bank Tabungan Pensiunan Nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SuratKeputusan Pensiun Janda/Duda memenuhi kriteria sebagai objek jaminan dalam perjanjian kredit pada Bank Tabungan Pensiunan Nasional, dan dalam menangani kredit bermasalah dengan objek jaminan Surat Keputusan Pensiun Janda/Duda pihak bank melakukan rekturisasi kredit terhadap debitur.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ADI JAYA BIRAWAN, I Ketut; SUDIARTA, I Ketut. ANALISIS PERJANJIAN KREDIT DENGAN OBJEK JAMINAN BERUPA SURAT KEPUTUSAN PENSIUN JANDA/DUDA PADA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL DENPASAR. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 4, n. 1, may 2015. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/13380>. Date accessed: 23 june 2021.
Section
Articles

Keywords

Bank, Jaminan, Kredit, Surat Keputusan Pensiun Janda/Duda

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>