PENERBITAN BROSUR PERUMAHAN OLEH PENGEMBANG YANG MERUGIKAN KONSUMEN DITINJAU DARI HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI PADA YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN BALI)

  • Made Mintarja Triasa
  • I Gusti Ayu Puspawati

Abstract

Penulisan ini membahas tentang penerbitan brosur perumahan oleh pengembang yang merugikan konsumen ditinjau dari hukum perlindungan konsumen. Tulisan ini bertujuan untuk memahami dan mengerti tentang upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen terkait kerugian yang ditimbulkan akibat penerbitan brosur perumahan oleh pengembang serta sanksi yang dapat diberikan kepada pengembang dalam kaitannya dengan penerbitan brosur perumahan yang merugikan konsumen. Jenis penelitian dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan metode yuridis empiris, Penelitian ini bersifat deskriptif (Penggambaran). Penelitian ini menggambarkan tentang penyelesaian sengketa antar konsumen dengan pihak pengembang. Berdasarkan ketentuan undang-undang perlindungan konsumen ada dua upaya penyelesaikan sengketa yaitu melalui jalur litigasi dan non litigasi, serta ada tiga sanksi yang dapat dijatuhkan kepada pengembang yaitu sanksi administratif, sanksi perdata, dan sanksi pidana.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MINTARJA TRIASA, Made; PUSPAWATI, I Gusti Ayu. PENERBITAN BROSUR PERUMAHAN OLEH PENGEMBANG YANG MERUGIKAN KONSUMEN DITINJAU DARI HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI PADA YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN BALI). Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 4, n. 1, may 2015. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/13349>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

brosur, konsumen, penyelesaian sengketa

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>