PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ASURANSI AKIBAT TIDAK DIPENUHINYA HAK PENGAJUAN KLAIM MELALUI JALUR LITIGASI

  • Tazkia Asshiva Maryam Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Sylvana Murni Deborah Hutabarat Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan asuransi terhadap hak konsumen dalam mengajukan klaim asuransi jiwa serta menganalisis pertimbangan hakim pada Putusan Nomor 38/Pdt.G/2023/PN Tgl. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran terhadap hak konsumen dalam mengajukan klaim asuransi jiwa oleh perusahaan asuransi pada perkara Nomor 38/Pdt.G/2023/PN Tgl dilakukan dengan mencantumkan klausula eksonerasi berupa pemberian kuasa dari konsumen kepada perusahaan untuk melakukan tindakan apapun secara sepihak. Pertimbangan Hakim terhadap perkara tersebut adalah menyatakan bahwa pembuatan dua buah polis asuransi jiwa antara konsumen dengan Tergugat selaku perusahaan asuransi adalah sah secara hukum sebagaimana ketentuan Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sehingga kedua belah pihak memiliki hak serta kewajiban yang harus dipenuhi. Tindakan Tergugat yang menolak untuk membayar klaim asuransi dan mengajukan pembatalan terhadap dua buah polis milik konsumen dipandang oleh Majelis Hakim sebagai perbuatan wanprestasi atau ingkar janji, yaitu dengan tidak melakukan apa yang disanggupi atau tidak melaksanakan apa yang diperjanjikan. Terkait dengan keterangan Tergugat mengenai hasil verifikasi dan investigasi yang menyebutkan bahwa data kesehatan konsumen tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, Majelis Hakim mempertimbangkan akan lebih bijaksana apabila proses verifikasi dan investigasi dilakukan sebelum terjadinya hubungan hukum antara Tergugat dengan konsumen jika memang Tergugat memiliki kecurigaan. Dari pertimbangan Hakim yang juga didukung oleh regulasi-regulasi terkait, menunjukkan bahwa konsumen telah mendapatkan perlindungan atas hak-haknya dalam hal ini sebagai pengguna jasa asuransi jiwa.


This study aims to analyze the forms of violations committed by insurance companies against consumers' rights in filing life insurance claims, as well as to examine the judge’s legal considerations in Decision Number 38/Pdt.G/2023/PN Tgl. This research used normative juridical method with a statutory and case approach. The results of the study indicate that the violation of consumers’ rights in filing life insurance claims by the insurance company in Case Number 38/Pdt.G/2023/PN Tgl occurred through the inclusion of an exoneration clause, which granted the company unilateral authority to act on behalf of the consumer. The judge’s consideration in this case stated that the issuance of two life insurance policies between the consumer and the Defendant, as the insurance company, was legally valid in accordance with Article 1320 of the Indonesian Civil Code, establishing rights and obligations for both parties. The Defendant’s refusal to pay the insurance claims and attempt to annul those policies was considered by the Judges as a breach of contract or wanprestasi, namely the failure to perform what was promised or agreed upon. Regarding the Defendant’s statement aboutthe results of verification and investigation indicating discrepancies in the consumer’s health data, the Judges opined that it would be more prudent if such procedures had been conducted before the establishment of the legal relationship between the Defendant and the consumer if the Defendant have any suspicions. The judge's consideration, supported by relevant regulations, demonstrates that the consumer has received protection of their rights as a user of life insurance services.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sylvana Murni Deborah Hutabarat, Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Faculty of Law, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Published
2025-05-07
How to Cite
MARYAM, Tazkia Asshiva; HUTABARAT, Sylvana Murni Deborah. PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ASURANSI AKIBAT TIDAK DIPENUHINYA HAK PENGAJUAN KLAIM MELALUI JALUR LITIGASI. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 13, n. 4, p. 721-736, may 2025. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/126151>. Date accessed: 10 may 2025. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2025.v13.i04.p19.
Section
Articles