KETIDAKADILAN HUKUM DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA INDONESIA BAGI MASYARAKAT KURANG MAMPU

  • Kenny Ferris Ave Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • I Gede Artha Fakultas Hukum, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar pembaca bisa mengetahui ketidakadilan hukum apa saja yang pernah diterima oleh masyarakat kurang mampu serta bagaimana solusi agar proses peradilan pidana dapat berjalan dengan adil. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dikarenakan penelitian ini bersifat memaparkan serta memberi gambaran yang jelas mengenai suatu kejadian/gejala hukum yang terjadi di saat ini atau di waktu tertentu. Hasil penelitian dari jurnal ini adalah nyatanya saat ini Peradilan Pidana di NKRI ini belum mampu memberikan rasa keadilan yang sama untuk semuanya terutama untuk orang pencari keadilan yang kurang mampu. Sering kali ditemukan ketidakadilan untuk orang yang tidak mampu, masyarakat yang berekonomi rendah seringkali ditindas baik oleh oknum dalam Peradilan Pidana ataupun yang berperkara yang lebih memiliki uang. Banyak sekali unsur yang perlu dibenahi dalam Sistem Peradilan Pidana agar bisa mencapai keadilan yang mutlak bagi semua orang khususnya untuk masyarakat yang kurang mampu.


The purpose of this research is so that readers can find out what legal injustices have been received by underprivileged communities and how the solutions are so that the criminal justice process can run fairly. The research method used in this research is descriptive research, because this research is descriptive and gives a clear picture of an event/legal phenomenon that occurs at this time or at a certain time. The results of research from this journal are in fact that currently the Criminal Court in the Republic of Indonesia has not been able to provide the same sense of justice for all, especially for justice seekers who are less fortunate. Injustice is often found for people who can't afford it, people with low economies are often oppressed either by elements in the Criminal Court or litigants who have more money. There are many elements that need to be addressed in the Criminal Justice System in order to achieve absolute justice for all people, especially for underprivileged people.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-28
How to Cite
AVE, Kenny Ferris; ARTHA, I Gede. KETIDAKADILAN HUKUM DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA INDONESIA BAGI MASYARAKAT KURANG MAMPU. Kertha Desa, [S.l.], v. 11, n. 4, p. 2234-2243, apr. 2023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/97519>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles