PERLINDUNGAN HUKUM TEHADAP HAK KONSUMEN DALAM KUALITAS PRODUK DI PT. SARI RAMBUT
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi konsumen yang dirugikan akibat standar mutu dari kualitas produk dari PT. Sari Rambut dan tanggung jawab produsen kepada konsumen akibat kerugian yang dialami dari produk yang tidak memenuhi kualitas standar mutu. Metode penelitian yang digunakan yaitu hukum empiris dengan mengkaji permasalahan berdasarkan praktek atau kenyataan yang ada di dalam masyarakat. Penelitian konsep hukum dan norma yang berlaku dalam masyarakat dan dijadikan acuan warga negara dalam berprilaku. Perlindungan terhadap konsumen memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan dari produksi. Perlindungan yang diberikan yaitu perlindungan preventif untuk mecegah terjadinya suatu sengketa dan represif untuk menyelesaikan suatu sengketa yang diatur berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Produksi
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out of the form of legal protection for consumers who are harmed by the quality standards of product quality from PT. Sari Rambut and the producer's responsibility to consumers due to losses suffered from products that do not meet quality standards. The research method used is empirical law by examining problems based on practice or the reality that exists in society. Research on legal concepts and norms that apply in society and serve as a reference for citizens to behave. Consumer protection provides comfort, security and safety from production. The protection provided is preventive protection to prevent a dispute from occurring and repressive to resolve a dispute which is regulated under Law Number 8 of 1999
Key Word: Legal Protection, Consumer, Production