Peningkatan Efisiensi Pembelajaran Mandiri Anatomi Veteriner dengan Bantuan Teknologi Virtual

Main Article Content

Eragilang Muhammad Hastapatria Sri Nurdiati Srihadi Agungpriyono Hany Savitry

Abstract

Pembelajaran Anatomi Veteriner di pendidikan kedokteran hewan umumnya didukung dengan kegiatan praktikum menggunakan kadaver hewan dan dilakukan di laboratorium khusus. Penggunaan hewan atau kadaver hewan sebagai bahan peraga pendidikan sangat membantu pemahaman mahasiswa terhadap struktur dan anatomi. Di sisi lain, pesatnya perkembangan teknologi memberikan alternatif pengembangan metode pembelajaran seperti penggunaan teknologi berbasis virtual reality (VR). Penggunaan teknologi berbasis VR sekaligus untuk mengatasi kekurangan dalam penggunaan cadaver hewan dan pemenuhan kaidah kesejahteraan hewan (animal walfare). Metode tersebut juga mampu membawa pengguna merasakan pengalaman berada di dunia virtual dan memungkinkan pembelajaran mandiri dilakukan di mana dan kapan saja. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah prototype perangkat ajar dengan teknologi VR yang diterapkan pada model tulang kuda (Equus caballus). Selanjutnya untuk mempermudah akses, VR dipadukan dengan kanal akses melalui website menggunakan metode embedding sehingga pengguna bisa mengakses melalui berbagai perangkat keras seperti komputer, telepon seluler pintar dan kaca mata VR sehingga diharapkan tercipta prototype yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu mengurangi penggunaan kadaver hewan dan menjadi pengembangan awal untuk penelitian selanjutnya. Dalam studi ini berhasil dikembangkan prototype sistem dan model tulang kuda yang disematkan dalam bentuk VR dan memenuhi seluruh fungsi yang dibutuhkan. Penggunaan metode User Experience Questionnaire (UEQ) prototype sistem telah berhasil memperoleh nilai melebihi rata-rata dengan komponen berupa daya tarik, ketepatan dan stimulasi yang mampu diterima dengan baik oleh kalangan mahasiswa di samping itu pengembangan prototype sistem anatomi veteriner dapat dijadikan alternatif pembelajaran mahasiswa secara mandiri, namun tidak menggantikan metode pembelajaran secara tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HASTAPATRIA, Eragilang Muhammad et al. Peningkatan Efisiensi Pembelajaran Mandiri Anatomi Veteriner dengan Bantuan Teknologi Virtual. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 515-524, feb. 2024. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/94890>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2023.24.4.515.
Section
Articles