Penyebaran Kejadian Penyakit African Swine Fever di Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2020-2021 THE DISTRIBUTION OF AFRICAN SWINE FEVER DISEASE IN WEST MANGGARAI DISTRICT DURING 2020-2021

Main Article Content

Elisabeth Yulia Nugraha Korbinianus Feribertus Rinca Yohana Maria Febrizki Bollyn

Abstract

Penyakit African Swine Fever (ASF) pertama kali dilaporkan terjadi di Desa Daleng, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat pada bulan September 2020. Penyakit ini telah menyebar di seluruh Kabupaten Manggarai Barat dan menimbulkan kerugian ekonomi yang besar bagi peternak dikarenakan angka mortalitasnya yang mencapai lebih dari 90%. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penyebaran penyakit ASF yang terjadi di Kabupaten Manggarai Barat berdasarkan penelusuran laporan kejadian ASF, terutama yang telah diteguhkan secara laboratorium. Survei data penelitian ini memanfaatkan data sekunder, selain itu juga dilengkapi dengan borang kuisioner open ended yang akan ditanyakan ke para responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit ASF berdasarkan pemetaan telah menyebar di dua belas kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai Barat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan ASF dalam tempo kurang dari satu tahun telah menyebar ke seluruh Kabupaten Manggarai Barat. Kasus penyebaran ASF di Kabupaten Manggarai Barat menunjukkan adanya campur tangan manusia karena masih mengacu pada sistem dan pola pemeliharaan yang semi intensif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NUGRAHA, Elisabeth Yulia; RINCA, Korbinianus Feribertus; BOLLYN, Yohana Maria Febrizki. Penyebaran Kejadian Penyakit African Swine Fever di Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2020-2021. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 336-341, nov. 2022. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/88267>. Date accessed: 26 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2022.23.3.336.
Section
Articles