Deteksi Faktor Virulensi Secara Fenotip pada Escherichia coli Isolat Susu Mentah Sapi Perah DETECTION OF PHENOTYPICAL VIRULANCE FACTORS IN ESCHERICHIA COLI RAW MILK ISOLATES

Main Article Content

Khusnan Khusnan Agus Purnomo

Abstract

Susu sapi merupakan media pertumbuhan bakteri  patogen maupun non patogen.  Escherichia coli mrupakan salah satu bakteri yang sering ditemukan pada susu sapi mentah. Escherichia coli patogen pada sapi dapat menyebabkan mastitis maupun radang usus serta dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia seperti diare, kolitis hemoragik dan  sindrom uraemik hemolitik. Hemaglutinin dan hemolisin merupakan faktor virulen yang penting pada E. coli patogen, karena berperan  sebagai faktor adhesin, dan faktor pertahanan terhadap fagositosis. Tujuan penelitian ini mendeteksi hemaglutinin dan hemolisin E. coli isolat asal susu sapi mentah serta kemampuan adhesi pada sel epitel serta pertahanan terhadap fagosit netrofil. Hasil penelitian ini menunjukkan 100% isolat E. coli tidak memiliki hemaglutinin dan 17,2% merupakan E. coli hemolitik. Pada uji adhesi mampu melekat pada sel epitel bukalis 46,87 bakteri/sel. Pada uji fagositosis isolat-isolat hemolitik lebih sedikit difagosit oleh neutrofil dibandingkan isolat non hemolitik (2,64 dibanding 3,1 bakteri) tiap neutrofil (P<0,05).  Ditemukannya  E. coli patogen pada susu mentah menegaskan pentingnya pasteurisasi pada susu sebelum dikonsumsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KHUSNAN, Khusnan; PURNOMO, Agus. Deteksi Faktor Virulensi Secara Fenotip pada Escherichia coli Isolat Susu Mentah Sapi Perah. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 42-54, mar. 2022. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/68514>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2022.23.1.42.
Section
Articles