Kualitas Semen Beku Kambing Peranakan Boer yang Dikriopreservasi dengan Pengencer Tris Kuning Telur dan Berbagai Konsentrasi Ekstrak Daun Kelor THE QUALITY OF BOER CROSSBREED GOAT FROZEN SEMEN CRYOPRESERVED WITH EGG YOLK TRIS EXTENDER AND VARIOUS CONCENTRATIONS OF MORINGA LEAF EXTRACT

Main Article Content

Muhammad Rizal Chatimatun Nisa Ririn Norliani

Abstract

Daun kelor mengandung berbagai zat nutrien yang dapat melindungi spermatozoa selama kriopreservasi semen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ekstrak daun kelor di dalam pengencer tris kuning telur terhadap kualitas semen beku kambing peranakan Boer. Semen segar dibagi ke dalam empat buah tabung reaksi dengan volume yang sama, kemudian disentrifugasi dengan kecepatan 3.000 RPM selama 20 menit. Plasma semen dibuang, dan sedimen (spermatozoa) diencerkan dengan empat pengencer berbeda sebagai perlakuan. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan, yakni: 73% pengencer dasar tris + 20% kuning telur + 7% gliserol tanpa ekstrak daun kelor (kontrol), 71% pengencer dasar tris + 20% kuning telur + 7% gliserol + 2% ekstrak daun kelor (EDK-2), 69% pengencer dasar tris + 20% kuning telur + 7% gliserol + 4% ekstrak daun kelor (EDK-4), dan 67%pengencer dasar tris + 20% kuning telur + 7% gliserol + 6% ekstrak daun kelor (EDK-6). Semen dikemas di dalam straw mini, diekuilibrasi di dalam lemari es pada suhu 5oC selama empat jam dan dibekukan dengan cara meletakkan straw 10 cm di atas permukaan nitrogen cair selama 15 menit. Peubah yang diamati adalah persentase motilitas, persentase hidup, dan persentase membran plasma utuh (MPU) spermatozoa dievaluasi setelah pengenceran dan thawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak daun kelor ke dalam pengencer tris kuning telur dapat mempertahankan kualitas spermatozoa semen beku kambing peranakan boer. Penambahan sebanyak 4% ekstrak daun kelor merupakan konsentrasi terbaik dalam menghasilkan semen beku kambing peranakan boer. Persentase motilitas spermatozoa setelah thawing pada perlakuan kontrol, EDK-2, EDK-4, dan EDK-6 masing-masing adalah 41,25%, 45%, 50%, dan 47,5%. Dapat disimpulkan bahwa penambahan 4% ekstrak daun kelor ke dalam pengencer tris kuning telur merupakan konsentrasi terbaik dalam menghasilkan semen beku kambing peranakan boer.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
RIZAL, Muhammad; NISA, Chatimatun; NORLIANI, Ririn. Kualitas Semen Beku Kambing Peranakan Boer yang Dikriopreservasi dengan Pengencer Tris Kuning Telur dan Berbagai Konsentrasi Ekstrak Daun Kelor. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 309-316, sep. 2021. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/66136>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2021.22.3.309.
Section
Articles