Evaluasi Pakan Komplit Berbasis Sabut Kelapa Terfementasi terhadap Profil Nitrogen Urea Darah dan Kreatinin Sapi Brahman Cross

Main Article Content

Eko Susilo Eko Pangestu Limbang Kustiawan Nuswantara

Abstract

Penelitian bertujuan mengevaluasi efek pemberian pakan komplit berbasis sabut kelapa fermentasi, terhadap konsumsi nutrient, nitrogen cross urea darah dan kreatinin.  Materi penelitian menggunakan 12 ekor sapi brahman jantan umur sekitar 8-10 bulan dengan bobot badan 134-187 kg, ditempatkan di dalam kandang individual berukuran (210 x 120 cm).  Pakan komplit diberikan pada pukul 07.00 dan air minum secara ad libitum.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan empat perlakuan dan tiga kelompok sapi sebagai ulangan.  Perlakuan yang diterapkan berupa pakan komplit berbasis sabut kelapa terfermentasi R1, R2, R3, R4 (15%, 20%, 25%, 30%). Perhitungan konsumsi dan pengambilan sampel darah dilakukan pada akhir masa pemeliharaan.  Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam taraf 5%, adanya pengaruh nyata antar perlakuan dilanjutkan dengan uji jarak berganda duncan.  Perlakuan pakan komplit berbeda nyata (P<0.05) terhadap konsumsi serat kasar/SK dan bahan ekstrak tanpa nitrogen/BETN dan rasio nitrogen urea darah dan kreatinin, tetapi tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap konsumsi bahan kering/BK, bahan orgaik/BO, protein kasar/PK, kreatinin, nitrogen urea darah dan nitrogen urea darah/kreatinin. Simpulan penelitian adalah perlakuan R1 pakan komplit munujukan konsumsi SK tertinggi sedangkan konsumsi BETN terendah dan hasil rasio nitrogen urea darah/kreatinin terendah tetapi masih dalam kisaran normal. Perlakuan pakan komplit dari hasil data parameter nitrogen urea darah dan kreatinin sebagai indikator penting fungsi ginjal, pakan komplit aman dan tidak menyebabkan ganggan fungsi ginjal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUSILO, Eko; PANGESTU, Eko; NUSWANTARA, Limbang Kustiawan. Evaluasi Pakan Komplit Berbasis Sabut Kelapa Terfementasi terhadap Profil Nitrogen Urea Darah dan Kreatinin Sapi Brahman Cross. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 333-341, nov. 2021. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/64792>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2021.22.3.333.
Section
Articles