Potensi Imunomodulator Herbal Ekstrak Etanol Daun Pepaya Varietas Calina terhadap Struktur Jaringan Limpa Tikus Putih Galur Wistar

Main Article Content

Haris Setiawan Sri Wijayanti Wulandari Aritasya Nur Fitriyani

Abstract

Tanaman pepaya varietas calina (Carica papaya L. Var. calina) merupakan salah satu jenis tanaman pepaya yang banyak dibudidayakan di Indonesia.  Tanaman ini memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat berperan dalam meningkatkan kerja imun seperti flavonoid, polifenol, tanin dan saponin.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etanol daun pepaya varietas calina sebagai imunomodulator alami terhadap struktur jaringan limpa tikus putih galur wistar (Rattus norvegicus Berkenhout, 1769).  Penelitian menggunakan 24 ekor tikus wistar yang dibagi ke dalam empat perlakuan pemberian ekstrak yaitu kontrol (dosis 0 mg/kg BB), P1 (dosis 100 mg/kg BB), P2 (dosis 200 mg/kg BB), dan dosis P3 (300 mg/kg BB) selama 30 hari per oral. Parameter yang diamati meliputi bobot badan, rasio bobot limpa dan histologi limpa yang terdiri dari luas dan diameter pulpa putih serta luas germinal center.  Tikus dikorbankan nyawanya pada hari ke-31, kemudian organ limpa diambil dan difiksasi dengan neutral buffer formaline 10%. Limpa dibuat sediaan histologis dengan menggunakan blok parafin dan pewarnaan hematoxylin-eosin. Data dianalisis dengan menggunakan sidik ragam satu arah kemudian dilanjutkan uji jarak berganda Duncan untuk mengetahui tingkat signifikansi antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh perlakuan memberikan pengaruh yang signifikan (P<0,05), dalam hal menambah diameter dan memperluas pulpa putih serta memperluas germinal center pada limpa dibandingkan dengan kontrol. Bobot badan dan rasio organ limpa tidak menunjukan perbedaan secara siginifikan antar perlakuan (P>0,05). Simpulan penelitian adalah ekstrak etanol daun pepaya varietas calina memiliki potensi sebagai agen imunomodulator alami.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SETIAWAN, Haris; WULANDARI, Sri Wijayanti; FITRIYANI, Aritasya Nur. Potensi Imunomodulator Herbal Ekstrak Etanol Daun Pepaya Varietas Calina terhadap Struktur Jaringan Limpa Tikus Putih Galur Wistar. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 531-539, dec. 2021. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/64427>. Date accessed: 22 june 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2021.22.4.531.
Section
Articles