Kualitas Organoleptik dan Total Plate Count Daging Babi yang Dibungkus Plastik dan Daun Jati ORGANOLEPTIC QUALITY AND TOTAL PLATE COUNT OF PORK THAT WERE PACKE WITH PLASTIC BAG AND TICK TREE LEAF

Main Article Content

Ni Luh Putu Sriyani Ni Luh Gede Sumardani I Wayan Subrata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kualitas organoleptik dan kandungan TPC (Total Plate Count) daging babi yang dibungkus dengan plastik dan daun jati pada masa simpan yang berbeda. Materi penelitian menggunakan daging babi landrace yang diperoleh di pasar tradisional Pasar Sanglah.  Sampel yang digunakan adalah pada bagian otot longisimus dorsi (LD). Data organoleptik dianalisis statistik nonparametrik dengan uji Hedonik menurut Mann-Whitney antara pembungkus plastik dengan daun jati dan Kruskal Wallis antara lama waktu simpan. Sementara kandungan TPC dianalis dengan menggunaka T-Test pada setiap lama simpan yang berbeda. Hasil analisis non parametrik daging babi Landrace yang dibungkus plastik pada variabel warna, aroma, tekstur, keempukan, dan penerimaan keseluruhan, nyata lebih rendah  (P<0,05) daripada daging yang dibungkus daun jati pada lama simpan 4 jam, 8 jam maupun 12 jam. Daging yang dibungkus plastik kualitas organoleptik menurun secara nyata (P< 0,05) dari penyimpanan 4 jam sampai 12 jam.  Sementara daging yang dibungkus daun jati menghasilkan kualitas organoletik yang tidak berbeda nyata dari  4 jam sampai 12 jam penyimpanan. Kandungan TPC daging babi landrace yang dibungkus daun jati nyata lebih rendah daripada daging yang dibungkus plastik selama masa penyimpanan 4,8 maupun 12 jam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembungkusan daging dengan daun jati mampu mempertahankan kualitas organoleptik daging babi landrace selama penyimpanan sampai 12 jam. Pembungkus daging dengan daun jati juga mampu menekan pertumbuhan kandungan TPC daging babi landrace selama penyimpanan sampai 12 jam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SRIYANI, Ni Luh Putu; SUMARDANI, Ni Luh Gede; SUBRATA, I Wayan. Kualitas Organoleptik dan Total Plate Count Daging Babi yang Dibungkus Plastik dan Daun Jati. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 367-373, oct. 2021. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/63907>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2021.22.3.367.
Section
Articles