Dinamika Pertumbuhan Lebar Tulang Femur Kodok Sawah (Fejervarya cancrivora) Asal Persawahan Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Anura: Dicroglossidae)

Main Article Content

Hellen Kurniati Ni Luh Putu Rischa Phadmacanty

Abstract

Tulang femur kodok sawah (Fejervarya cancrivora) mengalami proses reabsorbsi dan resorbsi tulang pada bagian rongga sum-sum (marrow cavity-MC), karena pada penelitian sebelumnya terlihat Metamorphosis Line (ML) pada sebagian besar individu terlihat sudah tidak utuh atau menghilang.  Pengukuran pertumbuhan lebar femur (MP) yang diukur tegak mulai dari tepi MC ke bagian tepi tulang bagian luar dilakukan dengan menggunakan metode skeletokronologi.  Hasil analisis korelasi antara panjang tubuh (SVL) dengan MP memperlihatkan korelasi kuat pada kelompok jantan dan betina untuk data normal dan data konversi log10; tetapi hubungan antara MP dengan jumlah Line of Arested Growth (LAG) adanya dinamika pertambahan lebar tulang femur pada kelompok jantan dan betina, yang mana kelompok jantan pertambahan lebar tulang femur lebih besar dibandingkan pertambahan lebar tulang femur kelompok betina.


 


 


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KURNIATI, Hellen; PHADMACANTY, Ni Luh Putu Rischa. Dinamika Pertumbuhan Lebar Tulang Femur Kodok Sawah (Fejervarya cancrivora) Asal Persawahan Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Anura: Dicroglossidae). Jurnal Veteriner, [S.l.], v. 21, n. 3, p. 352-357, dec. 2020. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/59526>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles