Peningkatan Kualitas Spermatozoa Epididimis Kerbau Belang yang Dikriopreservasi dengan Beberapa Konsentrasi Sukrosa (THE QUALITY ENHANCEMENT OF EPIDIDYMAL SPERMATOZOA OF SPOTTED BUFFALO CRYOPRESERVING WITH VARIOUS SUCROSE CONCENTRATIONS)

Main Article Content

Muhammad Rizal Herdis - Yulnawati - Hera Maheshwari

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui kualitas spermatozoa epididimis kerbau belang selama proses pembekuan (kriopreservasi). Bahan pengencer yang digunakan adalah AndroMed® sebagai kontrol (AM) serta kombinasi AndroMed® dengan 0,2% (S0,2) dan 0,4% sukrosa (S0,4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase motilitas spermatozoa epididimis kerbau belang setelah thawing dalam bahan pengencer AM (41%), nyata (P<0,05) lebih rendah dibandingkan dengan S0,2 (46%) dan S0,4 (46%). Demikian pula halnya dengan persentase hidup spermatozoa setelah thawing dalam bahan pengencer AM, S0,2, dan S0,4 secara berturut-turut adalah 52,2; 59,8 dan 60,8% (P<0,05). Sementara itu, tidak terdapat perbedaan nyata (P>0,05) pada persentase membran plasma utuh (MPU) setelah thawing dalam ketiga bahan pengencer. Persentase MPU setelah thawing perlakuan AM, S0,2, dan S0,4 adalah masing-masing 68; 68,8 dan 66,8%. Dapat disimpulkan bahwa penambahan sukrosa sebagai krioprotektan eksternal ke dalam bahan pengencer AndroMed® dapat meningkatkan kualitas spermatozoa epididimis kerbau belang setelah thawing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
RIZAL, Muhammad et al. Peningkatan Kualitas Spermatozoa Epididimis Kerbau Belang yang Dikriopreservasi dengan Beberapa Konsentrasi Sukrosa (THE QUALITY ENHANCEMENT OF EPIDIDYMAL SPERMATOZOA OF SPOTTED BUFFALO CRYOPRESERVING WITH VARIOUS SUCROSE CONCENTRATIONS). Jurnal Veteriner, [S.l.], v. 8, n. 4, dec. 2007. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/3214>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Keywords
spermatozoa epididimis, pembekuan, sukrosa, kerbau belang
Section
Articles