Efek Ekstrak Etanolik Jamur Kuping pada Performa Pertumbuhan dan Morfologi Usus Halus Ayam Jawa Super EFFECT OF ETHANOLIC EXTRACT OF WOOD EAR MUSHROOM ON GROWTH PERFORMANCE AND SMALL INTESTINE MORPHOLOGY OF JAWA SUPER CHICKEN

Main Article Content

Hilizza Awalina Zulfa Desy Safira Tianti Arum Mawarni Hendry Trisakti Saragih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanolik jamur kuping (Auricularia auricula) yang diimbuhkan pada pakan terhadap performa pertumbuhan dan morfologi usus halus ayam jawa super [Gallus gallus gallus (Linnaeus, 1758)]. Penelitian ini menggunakan desain rancangan acak lengkap, terdiri atas lima perlakuan, dengan 20 ekor Day-old Chicks (DOC) pada masing-masing perlakuan sebagai ulangan. Perlakuan kontrol dengan pakan basal, perlakuan P1 dengan pemberian tambahan 1,25 g ekstrak etanolik A. auricula/kg dalam pakan basal, perlakuan P2 dengan 2,5 g ekstrak etanolik A. auricula/kg pakan basal, perlakuan P3 dengan 5 g ekstrak etanolik A. auricula/kg pakan basal, dan perlakuan P4 dengan 7,5 g ekstrak etanolik A. auricula/kg pakan basal. Pakan diberikan hingga umur 15 hari. Parameter yang diamati meliputi berat badan ayam pada umur pasca menetas, 3, 7, 12, dan 15 hari, Feed Conversion Ratio (FCR) serta ketinggian villi, kedalaman kripta dan rasio villi/kripta usus halus di umur ayam ke-0 dan 15 hari. Analisis data dilakukan dengan uji sidik ragam satu arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey dengan signifikansi P?0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat badan, capaian berat badan, asupan pakan, nilai FCR dan morfologi usus halus pada ayam jawa super pada perlakuan P3 dan perlakuan P4 pada hari ke-15 lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol dan perlakuan lainnya (P?0,05). Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanolik A. auricula/ dapat memberikan pengaruh baik terhadap performa pertumbuhan dan morfologi usus halus ayam jawa super.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ZULFA, Hilizza Awalina et al. Efek Ekstrak Etanolik Jamur Kuping pada Performa Pertumbuhan dan Morfologi Usus Halus Ayam Jawa Super. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 237-245, june 2021. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/29345>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2021.22.2.237.
Section
Articles