Laporan Kasus: Keberhasilan Penanganan Transmissible Venereal Tumor pada Anjing Kacang Betina dengan Eksisi dan Kemoterapi

Main Article Content

Stephanie Ariella Gunawan I Gusti Agung Gde Putra Pemayun Anak Agung Gde Jayawardhita

Abstract

Transmissible Venereal Tumor (TVT) adalah tumor umum pada anjing yang ditularkan melalui perkawinan, jilatan, atau mengendus lesi tumor anjing penderita. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengungkapkan keberhasilan penanganan TVT pada anjing kacang melalui metode pembedahan dan kemoterapi. Anjing lokal/kacang betina berumur enam tahun dengan bobot badan 8,7 kg datang dengan keluhan adanya massa pada vagina disertai tetesan darah. Hasil pemeriksaan histopatologi menunjukkan adanya sel-sel tumor berupa sel-sel limfoblas homogen polyhedral tersusun dalam stroma dengan indeks mitosis tinggi yang teridentifikasi sebagai TVT. Penanganan dilakukan dengan eksisi massa tumor dan kemoterapi dengan vincristine sulfate 0,025 mg/kg bb secara intravena diberikan seminggu pascaoperasi sebanyak empat kali berturut-turut dengan interval waktu satu minggu. Pascaoperasi diberikan injeksi antibiotik cefotaxime 20 mg/kg bb, q12h intravena selama tiga hari, dilanjutkan dengan cefixime 10 mg/kg bb, q12h per oral selama lima hari. Analgesik asam tolfenamat 4 mg/kg bb, q24h diberikan selama tiga hari pascaoperasi. Tetesan darah berhenti setelah tiga hari dan luka insisi tertutup pada hari ke-7 pascaoperasi. Pada hari ke-35 terlihat luka mengering, ukuran kelamin kembali normal, tidak ada tetesan darah, serta nafsu makan dan minum baik, dengan ini disimpulkan bahwa penanganan kasus TVT dengan metode eksisi disertai kemoterapi memberikan hasil yang baik terhadap kesembuhan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
GUNAWAN, Stephanie Ariella; PEMAYUN, I Gusti Agung Gde Putra; JAYAWARDHITA, Anak Agung Gde. Laporan Kasus: Keberhasilan Penanganan Transmissible Venereal Tumor pada Anjing Kacang Betina dengan Eksisi dan Kemoterapi. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 385-394, sep. 2023. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/109236>. Date accessed: 11 may 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2023.24.3.385.
Section
Articles