BUJUKAN BERWISATA KE BALI: SIMBOL-SIMBOL PROMOSI PARIWISATA FILM ‘EAT PRAY LOVE’

  • Rimalinda Lukitasari Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
  • I Nyoman Darma Putra Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana

Abstract

Film merupakan sebuah promosi pariwisata yang potensial sebab simbol dan makna dalam film memiliki kemampuan mempengaruhi respon penonton dan memotivasi mereka untuk mengunjungi lokasi yang ditampilkan. Indonesia juga telah mendapatkan manfaat promosi pariwisata sebagai hasil dari popularitas sebuah film, namun, kajian di bidang ini belum mendapatkan banyak perhatian. Penelitian ini ditujukan untuk mempelajari promosi pariwisata melalui film dengan menganalisis simbol dan makna dalam film ‘Eat Pray Love’ yang menghadirkan daya tarik rasional, emosional, dan moral. Analisis dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dan menerapkan teori semiotika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer Bali ditangkap dengan baik dalam film, sehingga memberikan beberapa petunjuk mengenai Bali sebagai tempat tujuan wisata yang baik. Petunjuk-petunjuk ini terdiri dari daya tarik rasional, emosional, dan moral. Daya tarik rasional dalam film berhubungan dengan manfaat sensorik, keamanan, kebersihan, dan aksesibilitas yang baik. Daya tarik emosional memberikan pandangan Bali sebagai destinasi yang menenangkan, indah, romantis, dan ramah. Daya tarik moral memperlihatkan dorongan untuk datang ke Bali untuk menemukan bimbingan menuju keseimbangan spiritual.


Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
LUKITASARI, Rimalinda; DARMA PUTRA, I Nyoman. BUJUKAN BERWISATA KE BALI: SIMBOL-SIMBOL PROMOSI PARIWISATA FILM ‘EAT PRAY LOVE’. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), [S.l.], feb. 2017. ISSN 2502-8022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/28462>. Date accessed: 13 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p09.

Keywords

promosi pariwisata, film, Eat Pray Love, Bali