PERSPEKTIF WISATAWAN DOMESTIK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN WISATA ARUNG JERAM DI SUNGAI AYUNG, BALI

  • Ni Putu Evi Wijayanti Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua
  • I Nyoman Darma Putra Program Studi Magister (S2) Kajian Pariwisata Universitas Udayana
  • Ni Made Eka Mahadewi Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif wisatawan domestik terhadap kualitas pelayanan wisata arung jeram di Sungai Ayung, Bali, dan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan wisatawan. Variabel yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari 23 indikator dari aspek pelayanan yang merupakan bagaian dari lima dimensi yaitu: bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy). Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan domestik dalam penelitian ini adalah Importance Performan Analysis (IPA) yang digambarkan dengan diagram kartesius. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa dari 23 indikator aspek pelayanan yang diuji ada 15 aspek pelayanan yang belum memenuhi harapan wisatawan atau wisatawan belum merasa puas dan 8 aspek pelayanan yang sudah memberikan nilai kepuasan bagi wisatawan domestik. Indikator yang belum memberikan nilai kepuasan perlu diberikan perhatian dan penanganan dari semua pihak berupa upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga kepuasan dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
WIJAYANTI, Ni Putu Evi; DARMA PUTRA, I Nyoman; EKA MAHADEWI, Ni Made. PERSPEKTIF WISATAWAN DOMESTIK TERHADAP KUALITAS PELAYANAN WISATA ARUNG JERAM DI SUNGAI AYUNG, BALI. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), [S.l.], feb. 2017. ISSN 2502-8022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/28455>. Date accessed: 13 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2017.v03.i02.p05.