STRATEGI BUDIDAYA IKAN PATIN (PENGASIUS SP) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK TANI IKAN MINA KENCANA DESA PERING KECAMATAN BLAHBATUH

  • B.R.T. Putri
  • N.L.G. Sumardani
  • I.D.P. Singarsa
  • N.N. Yastini

Abstract

Desa pering merupakan salah satu desa penghasil ikan air tawar di Bali. Ikan patin (Pangasius sp.) merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang banyak dibudidayakan di Desa Pering. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis kondisi usaha budidaya ikan patin, 2) menganalisis kondisi internal dan eksternal usaha peternakan ikan patin, 3) menganalisis posisi usaha peternakan ikan patin di dalam industri peternakan ikan air tawar, dan 4) merekomendasikan strategi usaha yang tepat untuk meningkatkan pendapatan petani. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis internal-eksternal, analisis SWOT, analisis QSPM, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha peternakan ikan patin berada pada sel ke V pada matriks IE dengan total skor internal 2,05 dan total skor eksternal 2,95. Terdapat lima alternatif strategi yang ditawarkan untuk meningkatkan pendapatan petani, yaitu: 1) melakukan integrasi usaha dari hulu hingga ke hilir, 2) melakukan segmentasi pasar, 3) mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam memasarkan patin dan produk olahannya, 4) memanfaatkan media online untuk promosi dan pemasaran produk, dan 5) melakukan diversifikasi produk menjadi berbagai produk olahan lainnya. Prioritas strategi yang ditawarkan adalah melakukan integrasi usaha dari hulu hingga ke hilir.


 


Kata kunci : internal-eksternal, SWOT, QSPM, alternatif strategi, prioritas strategi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-14
How to Cite
PUTRI, B.R.T. et al. STRATEGI BUDIDAYA IKAN PATIN (PENGASIUS SP) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELOMPOK TANI IKAN MINA KENCANA DESA PERING KECAMATAN BLAHBATUH. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 1, feb. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/58151>. Date accessed: 27 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2020.v19.i01.p07.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>