PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DESA KINTAMANI KABUPATEN BANGLI

  • N.M.A.E.D. Wirastuti
  • I.G.A.K.D.D. Hartawan
  • I.M.A. Suyadnya
  • D.C. Khrisne

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat dikembangkan sebagai salah satu sarana dalam proses pembelajaran dan kegiatan administrasi di sekolah. Guru dituntut untuk menguasai teknologi agar proses pembelajaran lebih inovatif sehingga tidak membosankan. Salah satu penggunaan aplikasi dalam TIK dalam membantu guru-guru dalam pekerjaan yang berhubungan dengan data dan angka adalah Microsoft Excel. Dengan mengggunakan Microsoft Excel guru akan mampu mengolah nilai secara otomatis dan cepat. Pada kegiatan pengabdian ini diberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai Microsoft Excel yang bersifat praktis dan aplikatif. Praktis karena peserta mempraktekkan semua teori yang diberikan dan aplikatif artinya pelatihan disertai dengan contoh penggunaan Microsoft Excel untuk kegiatan administrasi sekolah yang sering digunakan. Kegiatan pengabdian ini adalah salah satu kegiatan pendalaman materi dan pengembangan TIK untuk guru-guru sekolah dasar di Desa Kintamani Kabupaten Bangli yang merupakan kelanjutan dari kegiatan pengembangan dan pendampingan ketrampilan TIK yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015.


Kata kunci : Angka, Data, Microsoft Excel, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-20
How to Cite
WIRASTUTI, N.M.A.E.D. et al. PENINGKATAN KOMPETENSI PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DESA KINTAMANI KABUPATEN BANGLI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 4, nov. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/55355>. Date accessed: 12 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i04.p12.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>