PENERAPAN TEKNOLOGI PAKAN DAN LIMBAH TERNAK DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SAPI PEDAGING DI DESA BALANGTANAYA KEC. POLOMBANGKENG UTARA KAB. TAKALAR SULAWESI SELATAN

  • M.I. Said
  • R.F. Utamy
  • St. Rohani

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ternak adalah dengan melakukan perbaikan nutrisi serta lingkungan ternak.  Kondisi kekurangan pakan dan produksi limbah ternak yang besar merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh mitra.  Perguruan tinggi sebagai salah wadah yang bertanggungjawab dalam memberikan solusi merasa perlu melakukan upaya sosialisasi dan transfer teknologi khususnya terkait dengan permasalahan pakan dan limbah ternak.  Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran bagi mitra kelompok tani-ternak terkait dengan terapan teknologi dalam memproduksi pakan fermentasi sebagai cadangan pakan pada musim paceklik serta pengolahan limbah ternak khususnya urin menjadi pupuk organik cair (POC).  Kegiatan yang dilakukan merupakan wujud kepedulian perguruan tinggi terhadap kondisi dan produktivitas usaha peternakan rakyat yang semakin menurun.  Kegiatan terapan teknologi telah dilaksanakan di Desa Balangtanaya, Kec. Polombangkeng Utara, Kab.Takalar. Kelompok mitra yang terlibat adalah kelompok tani-ternak “Sikatutui”.  Beberapa paket teknologi yang telah didiseminasikan antara lain paket : 1) teknologi amoniasi jerami, 2) teknologi pakan silase komplit fermentasi, 3) teknologi pembuatan mikroorganisme lokal (MOL) serta 4) teknologi pembuatan Urea Molasses Block (UMB).  Metode terapan teknologi dilakukan melalui kegiatan pelatihan dalam bentuk tatap muka dan praktek.  Selanjutnya dilakukan upaya pendampingan dan monitoring. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan penerapan teknologi memberikan dampak yang sangat positif bagi mitra dalam meningkatkan kapasitas khususnya terkait dengan kemampuan dalam mengolah dan memproduksi pakan fermentasi serta mengolah limbah ternak menjadi produk komersial.


 


Kata Kunci: teknologi, kelompok, pakan, limbah ternak, sapi pedaging

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-16
How to Cite
SAID, M.I.; UTAMY, R.F.; ROHANI, St.. PENERAPAN TEKNOLOGI PAKAN DAN LIMBAH TERNAK DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SAPI PEDAGING DI DESA BALANGTANAYA KEC. POLOMBANGKENG UTARA KAB. TAKALAR SULAWESI SELATAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 2, may 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/49438>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i02.p24.