POTENSI KELOMPOK TERNAK DESA SANDA DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI PAKAN KOMPLIT BERBAHAN KULIT KOPI DALAM USAHA PENGEMBANGAN KAMBING PERAH MENUJU KAMPUNG SUSU

  • I G.L.O. Cakra
  • N.N. C. Kusuma
  • N.W. Siti

Abstract

Kegiatan pengabdian  ini bertujuan untuk  meningkatkan kesejahtraan masyarakat dalam pengembangan usaha peternakan kambing perah melalui penerapan teknologi formulasi ransum komplit dan pembuatan pupuk organik. Metode dalam pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan ini adalah: (1) Kordinasi dan komunikasi dengan kelompok ternak kambing untuk merumuskan program mulai dari perencanaan, operasional dan evaluasi; (2) Penyuluhan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman masyarakat mengenai program yang diterapkan; (3) Pelatihan mengenai terapan ipeks yang dialihkan kepada masyarakat; (4) Pendampingan secara berkala dan berkelanjutan dengan kelompok ternak hingga ipteks yang dialihkan dapat dilaksanakan secara mandiri. Teknologi yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan kelompok ternak kambing  adalah teknologi formulasi pakan komplit berbahan baku kulit biji kopi, dan pembuatan pupuk organik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan berjalan sesuai rencara dan dihadiri oleh  peternak dari 3 kelompok ternak kambing di Desa Sanda.  Peserta sangat antosias dan sangat senang pada saat mencoba memberikan pakan buatannya kepada ternaknya dan langsung dimakan.  Dengan memanfaatkan kulit kopi sebagai bahan pakan komplit maka ternak kambing tidak akan kekurangan pakan terutama pada musim kering. Penggunaan kulit kopi sebagaia pakan ternak akan dapat meningkatkan populasi kambing di desa Sanda.


Kata kunci : kambing, komlit feed, pupuk organik cair dan padat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-16
How to Cite
CAKRA, I G.L.O.; KUSUMA, N.N. C.; SITI, N.W.. POTENSI KELOMPOK TERNAK DESA SANDA DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI PAKAN KOMPLIT BERBAHAN KULIT KOPI DALAM USAHA PENGEMBANGAN KAMBING PERAH MENUJU KAMPUNG SUSU. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 2, may 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/49324>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i02.p13.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>