PENGANEKARAGAMAN PRODUK OLAHAN DAGING BABI UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SEMAON KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR

  • N. L. G Sumardani
  • T. I. Putri
  • K. Budaarsa
  • A. W. Puger

Abstract

Selama ini, peternak kurang memahami sistem agribisnis yang didalamnya terdiri dari beberapa subsistem yaitu: pengadaan dan penyaluran sarana produksi, kegiatan produksi primer (budidaya), pengolahan (agroindustri) dan pemasaran. Pengembangan agribisnis tidak akan efektif dan efisien apabila hanya mengembangkan salah satu subsistem saja. Usaha peternakan akan lebih menguntungkan apabila peternak mampu mengolah langsung babi yang dipeliharanya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi, misalnya: babi guling (suckling pig), nugget babi, urutan (sosis) babi, iga dan steak babi, timbungan, serta produk olahan babi lainnya. Selama ini, yang ada di pasaran hanyalah chicken nugget, fish nugget dan shrimp nugget. Apabila masyarakat peternak babi, khususnya di Desa Semaon Payangan, mampu memproduksi daging babi menjadi produk olahan dengan kualitas yang baik, maka diharapkan pendapatan rumah tangga dari hasil berternak babi secara sampingan ini dapat ditingkatkan. Selain itu dengan promosi dan pemasaran yang baik, diharapkan produk olahan ini nantinya dapat dijadikan oleh-oleh khas Bali sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-29
How to Cite
SUMARDANI, N. L. G et al. PENGANEKARAGAMAN PRODUK OLAHAN DAGING BABI UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SEMAON KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 1, jan. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/46372>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i01.p26.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>