Petunjuk Penulisan

PETUNJUK PENULISAN NASKAH  JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI

Organisasi dan Cara Penulisan

Untuk naskah berupa hasil penelitian, format penyusunan naskah sebagai berikut :

  1. 1.       JUDUL

Tidak terlalu panjang. Di bawah judul ditulis nama penulis, profesi penulis dan email penulis. Yang dimaksud dengan penulis adalah mahasiswa dan dosen pembimbing. Email yang tercantum adalah email mahasiswa dan email pembimbing pertama (email koresponden).

  1. 2.       ABSTRAK

Abstrak dibuat dalam INGGRIS dengan jumlah kata maksimum 200 kata. Abstrak  diakhiri dengan maksimum 5 kata kunci (Keywords).

  1. 3.       PENDAHULUAN

Dalam pendahuluan diungkap latar belakang penelitian secara ringkas dan padat, dilengkapi dengan kutipan pustaka-pustaka yang relevan untuk memperjelas kontribusi ilmiah dan keutamaan dari penelitian yang dilakukan. Pendahuluan ditutup dengan paragraf tentang tujuan penelitian y ang dilakukan.

  1. 4.       BAHAN DAN METODE

Dalam bab ini diuraikan tentang Bahan dan Alat yang digunakan, Pelaksanaan Percobaan secara ringkas, Parameter yang Diamati dan Metode yang digunakan. Bila diperlukan, dalam bab ini dapat dijelaskan hal-hal yang sangat berkaitan erat dengan penelitian.

  1. 5.       HASIL DAN PEMBAHASAN

Sudah jelas

  1. 6.       KESIMPULAN DAN SARAN

Sudah jelas

  1. 7.       DAFTAR PUSTAKA

Tata cara penulisan daftar pustaka mengacu pada pedoman penulisan skripsi. Bila ada pustaka yang bersumber dari media elektronik, seperti website, maka penulisan pada daftar pustaka adalah sebagai berikut :

Nama penulis. Tahun naskah. Judul naskah. [Diakses tanggal]

Contoh :

Parker, D.S. 2005. Theoretical Evaluation of The NighCool. http://www2.fsec.ucf.edu/en/publications/pdf/FSEC-CR-1502-05.pdf. [Diakses 28/8/2007].

  1. 8.       UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih pada umumnya disampaikan kepada pihak-pihak (lembaga) penyandang dana penelitian. Bila peneliti tidak memandang perlu mengungkapkan hal ini maka ucapan terima kasih dapat ditiadakan.

 

  1. 9.       DAFTAR SIMBOL

Untuk penulisan persamaan matematik dengan simbol variabel yang ditulis berulang-ulang, dan bila dipandang perlu maka daftar simbol dapat digunakan.

 

 

FORMAT PENULISAN

Naskah ditulis menggunakan jenis huruf Kapital, Times New Roman 12  (JUDUL), jenis huruf Kapital Pada Setiap Kata, Times New Roman 11    (Sub Judul), jenis huruf Times New Roman 11 (Isi naskah),     jarak antar baris 1,5 spasi dengan pias (margin) kanan, atas, kiri, dan bawah 2,5 cm.