EVALUASI PELAYANAN UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) TERHADAP TINGKAT KEPUASAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) DAN PENYEDIA BARANG/JASA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA DENPASAR
Abstract
ABSTRAK
Pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah melalui sistem elektronik masih menimbulkan praduga negatif, baik dari pihak SKPD maupun penyedia barang/jasa. Agar peran dan pelayanan ULP bisa lebih baik, perlu dilakukan evaluasi dengan mengidentifikasi kondisi saat ini tentang tingkat kepuasan SKPD dan penyedia barang/jasa terhadap pelayanan ULP. Tingkat kepuasan layanan dapat dipengaruhi oleh lima variabel, yaitu wujud fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy). Penelitian bertujuan mengevaluasi tingkat kepuasan SKPD dan penyedia barang/jasa terhadap kinerja pelayanan ULP Pemerintah Kota Denpasar yang diukur berdasarkan lima variable tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat kepuasan SKPD terhadap pelayanan ULP Pemerintah Kota Denpasar adalah sebesar 76,97% (puas). Tingkat kepuasan rekanan penyedia barang/jasa terhadap pelayanan ULP Pemerintah Kota Denpasar adalah sebesar 85,09% (sangat puas). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, variabel yang paling mempengaruhi kepuasan SKPD adalah Assurance (0,449) diikuti oleh variabel lainnya berturut-turut sebagai berikut Emphaty (0,214), Tangible (-0,024), Responsivness (-0,067) dan Reliability (-0,174). Sedangkan variabel yang paling mempengaruhi kepuasan penyedia barang/jasa adalah Tangible (0,510) diikuti oleh variabel lainnya berturut-turut sebagai berikut Responsiveness (0,230), Assurance (0,127), Emphaty (0,077) dan Reliability (-0,129).