Aplikasi Rantai Markov pada Perpindahan Konsumen Merek Sabun Mandi

  • Louis Vigo Santoso Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
  • Rikardo Jordan Rajagukguk Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
  • I Gede Ligar Nouvaldi Wilantara Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
  • Judha Dana Putera Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
  • Nurahmadiningsi Nurahmadiningsi Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
  • Made Ayu Dwi Octavanny
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JMAT.2023.v13.i01.p160

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan market share beberapa periode ke depan dari merek sabun mandi Lifebuoy, NUVO, Dettol, dan lainnya dan market share pada saat kondisi ekulibirum tercapai dengan mengaplikasikan rantai markov pada perpindahan konsumen sabun mandi. Rantai markov adalah metode untuk menganalisis sifat-sifat dari suatu variabel pada masa sekarang berdasarkan sifat-sifat dimasa lalu untuk menginterpretasikan sifat-sifat variabel tersebut di masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukan bahwa market share tertinggi dipegang oleh Lifebuoy dengan 37,6% dan diikuti oleh merek lainnya (25,7%), Dettol (20,2%), dan NUVO (16,5%). Pada periode-periode berikutnya market share dari Lifebuoy, NUVO, dan Dettol mengalami peningkatan sedangkan merek lainnya mengalami penurunan. Market share pada saat kondisi ekuilibirum tercapai adalah Lifebuoy (37,8%), merek lainnya (24,2%), Dettol (21,1%), dan NUVO (16,9%).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-06-20
##submission.howToCite##
SANTOSO, Louis Vigo et al. Aplikasi Rantai Markov pada Perpindahan Konsumen Merek Sabun Mandi. Jurnal Matematika, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 56-67, june 2023. ISSN 2655-0016. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmat/article/view/101597>. Tanggal Akses: 26 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JMAT.2023.v13.i01.p160.
Bagian
Articles