Aplikasi Rantai Markov pada Perpindahan Konsumen Merek Sabun Mandi
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan market share beberapa periode ke depan dari merek sabun mandi Lifebuoy, NUVO, Dettol, dan lainnya dan market share pada saat kondisi ekulibirum tercapai dengan mengaplikasikan rantai markov pada perpindahan konsumen sabun mandi. Rantai markov adalah metode untuk menganalisis sifat-sifat dari suatu variabel pada masa sekarang berdasarkan sifat-sifat dimasa lalu untuk menginterpretasikan sifat-sifat variabel tersebut di masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukan bahwa market share tertinggi dipegang oleh Lifebuoy dengan 37,6% dan diikuti oleh merek lainnya (25,7%), Dettol (20,2%), dan NUVO (16,5%). Pada periode-periode berikutnya market share dari Lifebuoy, NUVO, dan Dettol mengalami peningkatan sedangkan merek lainnya mengalami penurunan. Market share pada saat kondisi ekuilibirum tercapai adalah Lifebuoy (37,8%), merek lainnya (24,2%), Dettol (21,1%), dan NUVO (16,9%).