Penerapan Algoritma Decision Tree dalam Segmentasi Customer

  • Ni Putu Vina Amandari Universitas Udayana
  • Ngurah Agus Sanjaya ER Universitas Udayana

Abstract

Segmentasi customer merupakan proses pembagian customer yang dilakukan oleh suatu bisnis guna mengetahui target pasar yang sesuai dengan usaha yang dijalankan. Customer akan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan karakteristiknya seperti usia, frekuensi pembelian, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain sebagainya. Tujuan dilakukannya segmentasi customer yaitu mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan cara memahami kebutuhan setiap segmen pelanggan, meningkatkan profitabilitas dengan cara membuat strategi pemasaran yang lebih efektif, serta mengidentifikasi customer yang kemungkinan dapat meningkatkan pendapatan suatu usaha. Pada penelitian ini akan dilakukan klasifikasi target customer menggunakan algoritma decision tree. Dataset yang digunakan didapatkan dari Kaggle.


 


Keywords: Decision Tree, Segmentasi Customer

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-05
How to Cite
AMANDARI, Ni Putu Vina; SANJAYA ER, Ngurah Agus. Penerapan Algoritma Decision Tree dalam Segmentasi Customer. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 12, n. 2, p. 315-322, feb. 2023. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/92723>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v12.i02.p09.

Most read articles by the same author(s)