Pengembangan Prototipe Aplikasi Chatbot Pengenalan Makanan Nusantara Sebagai Asisten Traveller Indonesia

Pengembangan Prototipe Aplikasi Chatbot Pengenalan Makanan Nusantara Sebagai Asisten Traveller Indonesia

  • Enga Prinda Adu Universitas Udayana
  • Cokorda Rai Adi Pramartha Universitas Udayana
  • Ngurah Agus Sanjaya ER Universitas Udayana

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar didunia. Hal ini membuat Indonesia kaya akan budaya dan bahasa. Salah satu ciri khas yang mengindentikkan setiap daerah yang terdapat diIndonesia adalah makanan khas daerah. Makanan khas daerah ini, sangat berkaitan erat dengan suatu daerah yang di wariskan dari generasi ke generasi sebagai tradisi dan sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat setempat. Namun, seiring berjalannya waktu makanan khas darerah atau makanan nusantara ini semakin tidak populer dan kalah oleh pengaruh makanan luar yang berasal dari negara lain. Kurangnya pengenalan dan apresiasi terhadap tradisi kebudayaan makanan nusantara dan kurangnya media yang memperkenalkan makanan nusantara ini yang menjadi faktor utama. Oleh karena itu, dalam memperluas pengenalan dan memperkaya wawasan akan makanan nusantara kepada masyarakat Indonesia maka dibuatlah sebuah (aplikasi makanan nusantara) untuk dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengetahui makanan khas setiap daerah dan tetap dilestarikan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi makanan nusantara berbasis web. Aplikasi yang dihasilkan dapat membantu para traveller maupun warga lokal untuk mengetahui setiap makanan khas daerah yang dikunjungi berdasarkan nama, lokasi terdekat dan menampilkan informasi mengenai makanan khas daerah apa yang di inginkan.

Published
2022-11-25
How to Cite
ADU, Enga Prinda; PRAMARTHA, Cokorda Rai Adi; SANJAYA ER, Ngurah Agus. Pengembangan Prototipe Aplikasi Chatbot Pengenalan Makanan Nusantara Sebagai Asisten Traveller Indonesia. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (JNATIA), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 69-78, nov. 2022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jnatia/article/view/92684>. Date accessed: 27 jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.