PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP SISTEM PELATIHAN DI HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI

  • Natashia Yusuf Universitas udayana
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University
  • Fanny Maharani Suarka Udayana University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi karyawan terhadap sistem pelatihan di Holiday Inn Resort Baruna Bali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik proporsionate stratisfied random sampling dan teknik analisis data yang digunakan yaitu skala likert dan didapatkan sampel sebanyak 53 orang, dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sistem pelatihan di Holiday Inn Resort Baruna Bali sudah menerapkan proses empat tahap yaitu tahap analisa kebutuhan pelatihan, perancangan desain pelatihan, implementasi pelatihan, hingga evaluasi hal ini dinilai sudah sesuai oleh karyawan Holiday Inn Resort Baruna Bali, akan tetapi masih perlu ditingkatkan oleh pihak hotel terkait fasilitas hotel, pelayanan dari karyawan dikarenakan masih terjadi beberapa keluhan yang cukup sering diberikan oleh tamu, peningkatan program pelatihan, metode pelatihan dan peralatan pelatihan. Persepsi karyawan terhadap sistem pelatihan yang diberikan oleh karyawan Holiday Inn Resort Baruna Bali secara keluruhan karyawan menilai setuju dengan rata-rata 4.32 dan hal-hal pihak management harus tetap dipertahankan.


 


Kata Kunci : Persepsi, Sistem pelatihan, Karyawan, Holiday Inn Resort Baruna Bali


 


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi karyawan terhadap sistem pelatihan di Holiday Inn Resort Baruna Bali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik proporsionate stratisfied random sampling dan teknik analisis data yang digunakan yaitu skala likert dan didapatkan sampel sebanyak 53 orang, dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sistem pelatihan di Holiday Inn Resort Baruna Bali sudah menerapkan proses empat tahap yaitu tahap analisa kebutuhan pelatihan, perancangan desain pelatihan, implementasi pelatihan, hingga evaluasi hal ini dinilai sudah sesuai oleh karyawan Holiday Inn Resort Baruna Bali, akan tetapi masih perlu ditingkatkan oleh pihak hotel terkait fasilitas hotel, pelayanan dari karyawan dikarenakan masih terjadi beberapa keluhan yang cukup sering diberikan oleh tamu, peningkatan program pelatihan, metode pelatihan dan peralatan pelatihan. Persepsi karyawan terhadap sistem pelatihan yang diberikan oleh karyawan Holiday Inn Resort Baruna Bali secara keluruhan karyawan menilai setuju dengan rata-rata 4.32 dan hal-hal pihak management harus tetap dipertahankan.


Kata Kunci : Persepsi, Sistem pelatihan, Karyawan, Holiday Inn Resort Baruna Bali


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-27
How to Cite
YUSUF, Natashia; SULISTYAWATI, Agung Sri; SUARKA, Fanny Maharani. PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP SISTEM PELATIHAN DI HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 44-52, jan. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/66624>. Date accessed: 21 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4