Pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan pada food and beverage service department di hotel artotel sanur bali

P

  • I Made Megananda Pranadika Mahasiswa
  • Ni Made Ariani Universitas Udayana
  • Agus Muriawan Putra Universitas Udayana

Abstract

Abstrak: Penelitian ini didasari dengan begitu besarnya peranan sumber daya manusia untuk pencapaian tujuan organisasi, maka kehadiran sumber daya manusia yang memiliki kecakapan dan ketrampilan sangat dibutuhkan. Pelayanan yang harus diberikan kepada tamu dan kendala yang dihadapi tentunya diperlukan organisasi yang solid mulai dari karyawan yang berhadapan langsung dengan tamu sampai dengan pimpinan yang mengambil keputusan dan kebijakan dalam memahami kebutuhan karyawan sehingga dapat memberikan kinerja yang baik bagi karyawan. Dengan kondisi tersebut tentunya organisasi membutuhkan keberadaan sumber daya manusia yang baik, handal dan professional agar mampu memberi kinerja yang diinginkan organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan pada food and beverage service department di Hotel Artotel Sanur, Bali. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan tetap dan kontrak food and beverage service department di Hotel Artotel Sanur, Bali sejumlah 40 orang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan food and beverage service department di Hotel Artotel Sanur, Bali. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus sehingga sampel adalah seluruh populasi yang berjumlah 40 orang. Pada penelitian ini terdapat satu variabel independen yang dianalisis yaitu beban kerja, sementara variabel dependen adalah kinerja. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis hipotesis pertama tentang pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai thitung sebesar 4,325 memiliki nilai lebih besar dari ttabel sebesar 2,024 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kinerja kayawan food and beverage service department di Hotel Artotel Sanur, Bali. Jenis dan sumber data  dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini selaras dengan temuan beberapa peneliti terdahulu yang membuktikan bahwa beban kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Kata kunci: Beban kerja, Kinerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-24
How to Cite
PRANADIKA, I Made Megananda; ARIANI, Ni Made; PUTRA, Agus Muriawan. Pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan pada food and beverage service department di hotel artotel sanur bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 96-113, june 2020. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/52262>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2020.v04.i01.p08.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>