Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Penjualan Produk di Sang Spa Ubud Bali

  • Astorina Firda Ayuningtyas Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Universitas Udayana
  • Agug Sri Sulistyawati Universitas Udayana

Abstract

Sang Spa Ubud Bali merupakan salah satu Wellness Day Spa yang ada di Ubud yang telah berdiri dari tahun 2008. Sang Spa Ubud Bali memiliki konsep day spa Natural Holistic Healing yaitu perawatan atau treatment tradisional yang menonjolkan ciri khas pulau Bali. Terkait dengan pembelian produk dan pemesanan produk dari online dan offline yang rendah, sehingga Sang Spa Ubud Bali ini memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan tingkat penjualan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Sang Spa Ubud dalam meningkatkan tingkat penjualan produk. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode IFAS dan EFAS dan analisis SWOT. Kuisioner ini disebarkan kepada 100 responden untuk menjawab faktor internal dan 7 responden yang terkait yang ahli dibidangnya untuk menjawab faktor eksternal Spa.


Hasil penelitian menunjukkan dari analisis Matriks IFAS yaitu 2,599 dan Matriks EFAS 3,018 di identifikasi perusahaan dalam posisi pertumbuhan (growth) kuadran II bersifat horizontal atau memperhatikan kekuatan utama dari perusahaan, memperluas area pemasarannya, menjalin dan memperkuat kerjasama dengan berbagai travel agent, villa, hotel, cottage dan Guest House dengan cara offline maupun online, memperbaiki prosedur – prosedur internal perusahaan dengan meningkatkan kualitas produk dan jasa perusahaan. Analisis SWOT menghasilkan 4 Strategi alternatif yaitu strategi Strength Opportunity (SO) diterapkan dalam 3 strategi dengan masing  masing program didalamnya. Strategi Weakness Opportunity (WO) membentuk 3 strategi dan program yang ada didalamnya. Strategi ketiga yaitu Strategi Strength Treath (ST) ini membentuk 2 strategi baru yang memiliki program juga di dalamnnya dan yang terakhir adalah Strategi Weakness Threat (WT) yang membentuk 2 strategi dan program didalamnya. Keseluruhan Strategi tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif strategi dan pengambilan keputusan pemasaran untuk meningkatkan tingkat penjualan produk pada Sang Spa Ubud Bali.


Saran yang diberikan kepada Sang Spa Ubud Bali adalah bisa menerapkan strategi – strategi yang telah dibahas untuk kedepannya agar memberikan peningkatan penjualan produknya, kemudian harus gencar melakukan promosi yang lebih up to date agar tidak kalah bersaing dengan Day Spa maupun spa – spa yang lain di Ubud.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-12
How to Cite
AYUNINGTYAS, Astorina Firda; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah; SULISTYAWATI, Agug Sri. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Penjualan Produk di Sang Spa Ubud Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 199-210, aug. 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/46130>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i01.p12.