Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Produk dan Jasa di Titik Temu Coffee Seminyak

  • Riezcha Shofiana Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Universitas Udayana
  • Ni Putu Ratna Sari Universitas Udayana

Abstract

Titik Temu Coffee Seminyak mengalami peningkatan sekitar kurang lebih 9000 orang dari tahun 2016, hal ini dikarenakan promosi semakin diterapkan oleh manajemen coffee shop yaitu dengan seringnya kolaborasi bersama dan membuka stand di restoran yang telah terkenal. Banyak juga masyarakat yang penasaran akan coffee shop ini karena eksis di media sosial instagram dikarenakan spot foto yang unik di setiap sudut coffee shop dan banyak sekali pengguna media sosial melalui situs Tripadvisor merekomendasikan coffee shop ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen di Titik Temu Coffee Seminyak dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan keputusan pembelian produk dan jasa di Titik Temu Coffee Seminyak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan uji validitas dan reliabilitas dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis faktor.


Berdasarkan analisis skala likert hasil penyebaran kuesioner di Titik Temu Coffee Seminyak menunjukan bahwa yang memiliki skor tertinggi yaitu pada indikator tentang Suasana Titik Temu Coffee yang memiliki skor 4,49 dengan kategori skala likert sangat baik. Hal ini terbukti banyak konsumen yang datang untuk memenuhi waktu senggang di tengah hari-hari yang sibuk, berkumpul bersama keluarga, kolega, bahkan meeting sekalipun dapat dilakukan disini karena suasana dan atmosfernya sangat nyaman.


Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa faktor kualitas pelayanan mempunyai nilai varian terbesar dengan faktor-faktor lainnya sebesar 46.834%, sehingga faktor kualitas pelayanan merupakan faktor yang paling berkontribusi dominan yang menentukan keputusan pembelian produk dan jasa di Titik Temu Coffee Seminyak dengan 5 bobot faktor yang signifikan yaitu Berwujud (Tangibles) (X14), Jaminan (Assurance) (X13), Keandalan (Reliability) (X11), Empati (Emphaty) (X15), dan Daya Tanggap (Responsiveness) (X12).


Kata kunci : Analisis Faktor, Konsumen, Keputusan Pembelian, Produk dan Jasa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-12
How to Cite
SHOFIANA, Riezcha; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah; SARI, Ni Putu Ratna. Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Pembelian Produk dan Jasa di Titik Temu Coffee Seminyak. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 240-255, aug. 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/45996>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i01.p015.