Persepsi masyarakat kuta terhadap dampak pembangunan hotel berkonsep city hotel di sunset road kuta bali

  • Komang Ratih Tunjungsari STPBI
  • Komang Shanty Muni Parwati Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional
  • I Made Trisna Semara

Abstract

Abstrak


 


Tingkat pertumbuhan sarana prasarana pariwisata mengalami peningkatan yang pesat. Hotel, villa, losmen, bungalow atau fasilitas pendukung lainnya mulai terbangun dengan cepat di seluruh kawasan pariwista di daerah provinsi Bali. Pada awal pembangunan fasilitas pendukung pariwisata terfokus pada kawasan pariwisata dekat dengan atraksi wisata pantai, Namun perkembangannya mulai menyebar di berbagai daerah lain, tidak terkecuali pada kawasan komersil dekat dengan ruas jalan seperti Jalan Sunset Road Kuta Bali. Pertumbuhan pembangunan di ruas jalan Sunset Road dari tiap tahunnya mengalami peningkatan yang derastis. Sudah ada sekitar 50an hotel terbangun di ruas jalan Sunset Road Kuta Bali. Fasilitas Hotel ini mengusung konsep bisnis di dalam pengelolaan maupun perancangannya. Pembangunan hotel di ruas jalan Sunset Road Kuta Bali memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi perkembangan pembangunan hotel berkonsep city hotel, 2) Mengidentifikasi dampak pembangunan hotel berkonsep city hotel dan 3) Mengidentifikasi keterlibatan masyarakat dalam pembangunan hotel berkonsep city hotel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena objek yang diteliti merupakan suatu realita yang tidak dapat dilihat secara parsial, objek yang bersifat dinamis, hasil konstruksi pemikiran dan interpretasi terhadap gejala yang diamati harus secara utuh dan menyeluruh (holistik), karena semua komponen yang ada dalam rangkaian penelitian tersebut saling terhubung satu sama lain.


Hasil Penelitian memperlihatkan 1) Teridentifikasi perkembangan pembangunan hotel berkonsep city hotel di Sunset Road Kuta Bali, 2) Teridentifikasi dampak pembangunan hotel berkonsep city hotel di Sunset Road Kuta Bali dilihat dari ekonomi, sosial budaya dan lingkungan masyarakat dan 3) Terdeskripsinya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan hotel berkonsep city hotel di Sunset Road Kuta Bali. Oleh karena itu didapatkan suatu persepsi masyarakat yang menjadi rekomendasi atau masukan bagi pemerintah dalam penentuan kebijakan tentang pembangunan akomodasi yang ramah terhadap kehidupan masyarakat lokal.


 


Kata Kunci: dampak pembangunan, persepsi, city hotel


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-30
How to Cite
TUNJUNGSARI, Komang Ratih; MUNI PARWATI, Komang Shanty; TRISNA SEMARA, I Made. Persepsi masyarakat kuta terhadap dampak pembangunan hotel berkonsep city hotel di sunset road kuta bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 151-164, oct. 2017. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/34491>. Date accessed: 17 june 2024.